memilih printer

Printer merupakan salah satu produk elektronik yang penggunaannya sangat dibutuhkan oleh semua orang. Selain digunakan untuk mencetak dokumen, printer juga bisa digunakan untuk men-scan dan melipat gandakan (fotocopy) dokumen.

Tidak hanya itu saja, kini printer pun dibekali teknologi canggih sehingga lebih hemat dalam penggunaan tinta. Printer hemat tinta dapat memberikan keuntungan berlebih karena bisa menghemat pengeluaran.

Jadi keuntungan dari memiliki printer sendiri di rumah yang didapat tidak hanya dari segi tenaga karena kamu tidak perlu keluar saat butuh mencetak, tetapi juga biaya karena penggunaan tinta yang hemat.

Nah, bicara mengenai printer, mungkin saat ini kamu tengah berencana membeli sebuah printer? Jika ya, sebelum membelinya, perhatikan dulu beberapa hal penting berikut ini, di antaranya:

Hal yang harus diperhatikan sebelum membeli printer

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan. Hal paling penting yang harus diperhatikan sebelum membeli printer adalah menyesuaikan dengan kebutuhanmu. Maksudnya di sini adalah kamu harus melihat betul penggunaan dari printer tersebut. Apakah hanya digunakan untuk hal sederhana seperti mencetak dokumen, misalnya, atau dijadikan sebagai modal usaha. Bagi kamu yang memang sedang bergelut di dunia percetakan, maka membeli printer dengan kualitas paling bagus tentu tidak ada salahnya karena bisa digunakan dalam jangka waktu lama.
  2. Tetapkan anggaran dana yang dikeluarkan. Membeli printer dengan harga selangit memang tidak masalah, akan tetapi sebaiknya kamu tetap harus menentukan berapa anggaran dana untuk membeli printer tersebut. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir pengeluaranmu nantinya. Meski bermunculan banyak sekali produk printer dengan harga jual mulai dari Rp 1.000.000 sampai puluhan juta, tapi ini tentu dikembalikan lagi padamu kamu sanggup membeli printer dengan anggaran berapa juta.
  3. Tentukan jenis printer. Selain itu, kamu juga harus menentukan jenis printer yang hendak kamu beli. Jenis printer ini bisa ditentukan dengan penggunaan warna pada printer semisal hitam putih saja, berwarna, dan lainnya. Jika memilih printer hitam putih, maka kamu bisa membeli jenis laser printer. Namun, apabila membutuhkan printer warna, sebaiknya membeli inkjet printer karena penggunaanya yang sangat ideal dan bisa mencetak foto berwarna dengan kualitas terbaik.
  4. Lihat fitur dan spesifikasi printer. Ketika membeli printer, jangan sampai melupakan spesifikasi dan fitur dari printer. Kamu harus melihat betul bagaimana penggunaan dan kualitas yang diberikan. Jangan salah pilih karena nantinya malah merugikanmu di kemudian hari. Atau, jika mau, kamu juga bisa mempertimbangkan resolusi, kualitas foto, network, ukuran cetakan, biaya operasi, image processing, dan sebagainya dari printer tersebut.

Itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika membeli printer. Selamat menerapkan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here