Perkembangan teknologi tidak hanya sebatas apa yang bisa kita lihat saja seperti mesin, robot, dan alat-alat canggih lainnya. Internet adalah salah satu produk teknologi yang berkembang sangat pesat saat ini.

Jika beberapa tahun lalu internet adalah “barang mewah”, maka sekarang sudah tidak berlaku demikian.

total pengguna internet

Faktanya, dari hampir 8 Miliar penduduk di dunia, 4,5 Miliar diantaranya sudah menggunakan internet atau 58% (lebih dari separuh) penduduk dunia telah menggunakan internet pada bulan Oktober tahun 2019 (src: hootsuite & we are social).

Lebih spesifiknya di Indonesia, dari 268,2 penduduk terdapat 150 juta pengguna internet per Januari 2019 dengan penetrasi sebanyak 56% yang berarti sudah lebih dari setengah penduduk Indonesia yang menggunakan internet.

Padahal, pada tahun 2014, hanya ada 80 jutaan pengguna internet di Indonesia. Artinya, pengguna internet meningkat sebanyak 60 juta lebih dalam 5 tahun terakhir.

pengguna internet di dunia

 

Apa maksudnya angka-angka diatas? itu berarti, kesempatan kita untuk menjangkau calon konsumen sangat terbuka lebar melalui internet.

Jika beberapa tahun lalu kita hanya bisa memasarkan produk di area yang terbatas, maka saat ini itu tidak berlaku lagi. Kita bisa meraih 150 juta pengguna internet di Indonsia dan bahkan menjangkau 4,5 miliar pengguna internet di Dunia!

Saat ini, dengan internet siapapun bisa membeli apa saja dan dimana saja. Begitu juga sebaliknya, penjual bisa menjual apapun kepada siapa saja dan dimana saja.

Kesempatan ini sangat disambut baik oleh pemerintah Indonesia guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat banyak.

Pemerintah terus berbenah untuk mengedepankan akses internet hingga ke pelosok untuk mendorong semua kalangan bisnis, dari yang kecil, menengah, hingga bisnis besar.

Internet marketing disambut baik oleh pembisnis. Maka dari itu mereka berlomba-lomba untuk menjangkau konsumen sebanyak-banyaknya.

Jika sudah demikian, persaingan perdagangan justru semakin ketat. Maka dari itu, strategi digital marketing yang tepat sangat dibutuhkan guna memenangkan persaingan.

Apa itu Digital Marketing?

digital marketing banner

Digital Marketing merupakan sebuah teknik pendekatan untuk mengenalkan, mempromosikan, dan menjual sebuah produk bisnis secara digital melalui beberapa media digital yang tersedia.

Contoh paling mudah adalah iklan-iklan di televisi. Karena promosi tersebut menggunakan media digital, dalam hal ini televisi, maka itu merupakan salah satu promosi di media digital.

Contoh lainnya adalah sebuah website yang menampilkan profil perusahaan atau bahkan menampilkan informasi sebuah produk, itu pun merupakan promosi di media digital.

Perbedaan antara keduanya adalah cara calon konsumen mengakses media tersebut. Televisi tidak membutuhkan internet untuk mengaksesnya, sedangkan untuk membuka sebuah website, orang memerlukan internet untuk mengaksesnya.

Dari sinilah kita akan mengenal internet marketing, sebuah strategi untuk menguasai pasar digital yang membutuhkan internet.

Jadi, internet marketing merupakan bagian dari digital marketing dimana untuk mengaksesnya memerlukan koneksi internet.

Pada kesempatan kali ini penulis akan lebih concern kepada pembahasan tentang internet marketing saja.

Mengapa Internet Marketing Penting Untuk Bisnis?

Mengapa kita harus menerapkan internet marketing dari pada media digital marketing yang tidak menggunakan internet?

Karena seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel ini, bahwa internet sedang berkembang dengan sangat-sangat pesat. Dari hampir 8 Miliar penduduk di dunia, 4,5 Miliar diantaranya sudah menggunakan internet.

Alasan selanjutnya adalah biaya beriklan. Di televisi, biaya untuk memasang iklan dengan durasi 30 detik berkisar antara Rp 5.000.000 – Rp 150.000.000 tergantung dari jam tayang dan stasiun televisi-nya. Memang, mahal atau murah itu relatif, tergantung pada perusahaan apa yang ingin beriklan.

Tapi, jika beriklan di televisi, kita tidak bisa menentukan siapa audiens kita secara spesifik. Mengatur audiens akan kami bahas pada artikel selanjutnya.

Dengan dua alasan tersebut, menurut penulis sudah cukup kuat untuk menerakan internet marketing di bisnis.

Mulai Dengan Sebuah Website

Dari sekian banyak media yang dapat digunakan untuk menjalankan strategi digital maketing, website adalah media yang paling sering digunakan.

Maka dari itu pengoptimalan website sangat penting untuk diperhatikan, karena apapun bisnis kita, dimana pun kita berada, kita akan membutuhkan website untuk memenuhi keinginan calon pelanggan.

Mulai membuat website

Website merupakan suatu halaman yang dapat diakses melalui internet. Agak sulit memang untuk menjelaskan apa itu website, meskipun sepertinya kita semua sudah tahu. Salah satu contoh website adalah ya website ini.

Tapi dapat dianalogikan begini, jika internet adalah bumi, maka website adalah rumah yang dibangun sendiri.

Untuk membuat website diperlukan domain dan hosting. Hosting merupakan suatu tempat untuk menyimpan data-data sehingga dapat diakses melalui internet, sedangkan domain adalah sebuah nama unik untuk mengakses data-data tersebut contohnya seperti www.metropolution.com.

Karena pada dasarnya website adalah sebuah komputer yang dapat diakses oleh siapa saja di internet.

Jika di-analogi-kan lagi, website adalah rumah, maka hosting adalah tanah dan domain adalah alamat rumah tersebut. Kira-kira seperti itu, semoga mudah untuk dimengerti, ya!

Website biasanya digunakan menjadi media internet marketing untuk (paling tidak) meningkatkan kredibilitas suatu perusahaan.

Beberapa jenis website yang dapat dijadikan media internet marketing adalah sebagai berikut:

Jenis-Jenis Website

  • Website Profile Company

Website yang berisikan konten tentang profil perusahaan atau produk dari perusahaan tertentu.

Website seperti ini biasanya berguna untuk meningkatkan kredibilitas dan eksistensi perusahaan serta memberikan edukasi kepada konsumen tentang profil perusahaan, detail produk yang dijual, promo apa yang sedang berlangsung, lokasi toko fisik, dan lain-lain.

  • Website Online Shop

Hampir sama seperti website profile company, bedanya di website online shop memungkinkan konsumen untuk bertransaksi langsung di website.

Entah itu menggunakan payment gateway atau menggunakan customer service yang ada disana.

  • Website Marketplace

Banyak yang bilang marketplace itu sama dengan online shop. Tapi menurut penulis, keduanya adalah berbeda.

Perbedaannya yaitu di marketplace, penjual bisa datang dari mana saja, sedangkan online shop hanya ada penjual tunggal yaitu si pemilik website. Untuk lebih jelasnya, kamu dapat baca artikel 4 Marketplace Indonesia Terbaik ini.

Tips Memaksimalkan Website Sebagai Sarana Promosi

Secara keseluruhan, semua tipe website termasuk 3 yang diatas memiliki tujuan yang sama, yaitu membuat konsumen kita betah dan ingin berlama-lama disana.

Karena dengan begitu artinya informasi yang disampaikan dapat ditangkap dengan baik oleh pengunjung, lalu ujung-ujungnya kita dapat mengkonversi kunjungan tersebut menjadi leads atau penjualan.

Ada banyak cara untuk mengoptimalkan website, berikut ini beberapa tips yang menurut penulis sangat anjurkan:

  • Nama Domain

Sebelum membangun sebuah website, kamu pasti harus memilih nama domain. Nama domain bisa berupa nama branding seperti Metropolution.com, atau nama tempat seperti infojakarta.com, bisa juga kegiatan bisnis seperti jualsepatu.com.

Semua itu terserah kepada kita asalkan domain tersebut masih tersedia alias belum dimiliki oleh orang lain. Namun, ada baiknya memiliki nama domain yang mudah diingat oleh orang lain (tidak seperti website saya hehe) contohnya seperti apple.com, facebook.com, dan jualsepatu.net.

Top Level Domain atau TLD juga penting. Untuk yang belum tau apa itu TLD, Top Level Domain (TLD) merupakan ekstensi tingkat atas dari sebuah domain, contohnya seperti .com, .net, .co.id, .org, dan masih banyak lagi jenis-jenis TLD.

list top level domain

Pilihlah TLD yang profesional dan paling umum digunakan seperti .com / .co.id / .id misalnya. Agar website terlihat lebih profesional dan bukan scam.

Kamu bisa membeli domain di registrar manapun, salah satunya adalah Domainesia. Untuk membeli domain di Domainesia, kita tinggal menuju ke halaman https://www.domainesia.com/domain/ lalu pilih TLD dan nama yang diinginkan.

Ingat, jangan asal memilih nama domain, ya! Usahakan memilih nama domain yang merepresentasikan bisnis kita sekaligus mudah diingat dan diucapkan oleh orang lain.

  • Perhatikan Persentase Uptime

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, pada dasarnya hosting adalah sebuah komputer tempat dimana data-data website kita disimpan dan dapat diakses melalui internet oleh orang banyak.

Persentase uptime adalah hal yang harus diperhatikan sebelum memilih layanan web hosting, karena apabila hosting sering down, maka website kamu akan kehilangan banyak sekali pengunjung.

Untuk memlihih hosting, kamu bisa menggunakan layanan web hosting murah dari Domainesia. Karena Domainesia mengklaim rata-rata uptime-nya adalah 99,9% dan digaransi. Sehingga resiko website down akan berkurang, dan pengunjung akan tetap berdatangan.

  • Optimalkan Page Load Speed

Page Load Speed sangat-sangat penting untuk diperhatikan dan dioptimalisasi.

pengaruh loading time

Dilansir dari Aberdeen Group, Setiap 1 detik delay untuk membuka website, maka akan menurunkan sebesar 16% kepuasan pengunjung, mengurangi 11% page views, dan kehilangan 7% conversion.

Ada banyak cara untuk mengoptimalkan page load speed website. Selain memilih hosting yang bagus, ada beberapa faktor yang mempengaruhi page load speed. Kamu bisa cek page speed website di PageSpeed Insight atau GTMetrix, untuk mengetahui seberapa cepat website kamu.

  • Design Website

Desain website juga menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan, karena selain melihat konten teks, pengunjung website juga melihat desain dari website kita.

Membahas desain website berkaitan dengan UI / UX, untuk yang belum tahu apa itu UI / UX, dapat membacanya di artikel Mengenal UI dan UX serta Perbedaannya.

Sebagai orang yang sering mengunjungi banyak website, saya pribadi sangat suka apabila website tersebut memiliki design (UI) yang sangat bagus, dan cenderung penasaran dengan apa isi website tersebut lebih banyak lagi.

Apalagi rasa penasaran tersebut dapat terpenuhi oleh dimudahkannya flow (UX) saya di website tersebut untuk menemukan apa yang saya cari.

Dari semua cara untuk mengoptimalkan website, mungkin pengoptimalan UI / UX ini yang paling sulit, karena dibutuhkan analisis data ,skill pemrogramman dan seni untuk mengetahui keinginan pelanggan.

Conclusion

Digital marketing merupakan suatu cara untuk mengenalkan, mempromosikan, dan bahkan menjual barang / jasa menggunakan media digital.

Untuk memulai suatu promosi menggunakan digital marketing, kita bisa memilih internet marketing sebagai sarananya, karena pengguna internet semakin bertambah dan akan terus bertambah setiap harinya.

Internet marketing hampir selalu dimulai dari sebuah website. Maka dari itu pengoptimalan website perlu dilakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam menjalankan promosi di internet.

Ini adalah satu dari banyak sekali cara untuk mempromosikan barang/jasa menggunakan internet marketing. Semoga artikel ini dapat membantu untuk teman-teman yang ingin mengoptimalkan website. Ini baru permulaan, stay curious!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here