desain user experience

Saat menelusuri lowongan pekerjaan, mungkin Anda kini sering menemukan posisi sebagai UI/UX designer. Bagi orang awam, istilah ini terkesan seperti teknologi informasi yang sangat rumit. Padahal, pengertiannya cukup simpel, lho. Namun, untuk pengerjaan UI dan UX sendiri, memang dibutuhkan orang-orang yang kompeten dan fasilitas yang mendukung. Salah satu SAP Partner Indonesia, yakni Abyor International, menyediakan solusi bisnis berupa UX yang membantu para pengguna/pekerja untuk mengakses platform kerja digital mereka secara cepat, sederhana, aman dan praktis, sehingga dapat lebih produktif.

Masih bingung apa itu UI dan UX? Well, sebelum kita bahas lebih lanjut apa UI dan UX itu, sebaiknya pahami dulu kosep HCI. Dilansir dari kumparan, HCI merupakan Human Computer Interaction. Ketika Anda menggeser mouse, menekan keyboard, meng-klik tombol di website dan lainnya, maka Anda sedang berinteraksi dengan komputer. UI dan UX ini berhubungan erat dengan HCI. Ya, UI dan UX merupakan singkatan dari User Interface dan User Experience di mana kedua hal ini mempengaruhi tingkat kepuasan user ketika berinteraksi dengan device/komputer.

Tak perlu bertele-tele lagi, mari langsung kita bahas apa itu UI dan UX.

User Interface (UI)

User Interface Design merupakan desain yang mengatur antarmuka pengguna dengan mesin dan perangkat lunak seperti komputer, peralatan rumah tangga, dan lainnya. User Interface berfokus untuk memaksimalkan pengalaman pengguna.

Contohnya, jika Anda berkunjung ke suatu website pernah tidak Anda tertarik untuk menelusurinya, simply karena Anda suka dengan template dan font yang enak dipandang? Nah, tandanya website tersebut memiliki user interface yang baik.

User Experience (UX)

Jika UI lebih berfokus pada tamplian, maka UX lebih tentang persoalan memahami pengguna. Mencari tahu siapa pengguna, apa yang ingin mereka dapatkan dari website atau aplikasi dan bagaimana cara terbaik bagi mereka untuk melakukan sesuatu.

Bisa dibilang, UX membuat sebuah website dan aplikasi menjadi mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan – bagaimana produk tersebut (website dan aplikasi) dapat memecahkan masalah dan menjadi solusi bagi pengguna.

Jadi, UI dan UX merupakan dua hal yang berbeda, tetapi amat sangat berkaitan. Intinya, UI dan UX berperan dalam meningkatkan pengalaman atau kepuasan pengguna akan sebuah aplikasi atau website. Untuk mengetahui UI dan UX secara lebih lanjut, Anda bisa membaca buku Don’t Make Me Think sebagai referensi.

Semoga membantu!

Share this to your friends