fbpx
Bagikan

SQL adalah sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengelola dan mengakses basis data relasional. SQL menjadi sebuah landasan dalam desain dan manajemen basis data karena memungkinkan para developer untuk melakukan berbagai perintah seperti penambahan, pembaruan, manipulasi, dan masih banyak lagi. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai pemanfaatan SQL dalam desain dan manajemen basis data.

Apa Itu SQL?

SQL atau Standar Query Language adalah bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk mengakses, mengubah, serta mengelola relational database management system (RDBMS) sekaligus melakukan perintah di dalamnya. RDBMS adalah program pada komputer yang tugasnya mengelola keterkaitan antara satu tabel dengan tabel lainnya.

Baca juga: Manfaat ERP dalam Bisnis Kecil dan Menengah

SQL adalah bahasa yang digunakan untuk melakukan komunikasi dengan database atau tabel. Tujuan dilakukannya komunikasi ini yaitu untuk membuat suatu perintah atau yang biasa disebut dengan ‘query’. Query adalah kemampuan untuk memodifikasi database seperti menambah atau mengurangi data yang ada pada tabel database.

Contoh sederhananya yaitu ketika Anda ingin melakukan pemesanan tiket kereta api secara online. Anda akan menjumpai berbagai tabel yang berisikan jadwal dan informasi perjalanan kereta. Tabel tersebut adalah database. Query dapat memodifikasi tabel tersebut seperti menghapus jadwal kereta tertentu atau mengganti rincian biaya perjalanan.

Berbagai Macam SQL

Berbagai macam SQL mencakup perintah-perintah atau kategori yang digunakan untuk berinteraksi dengan basis data. Berikut adalah beberapa macam SQL yang umum digunakan:

  • Data Query Language (DQL)

DQL digunakan untuk mengekstrak informasi dari basis data. Perintah SELECT merupakan contoh dari DQL, yang memungkinkan pengguna untuk menentukan kolom dan baris data yang ingin diambil dari tabel.

  • Data Definition Language (DDL)

DDL digunakan untuk mendefinisikan struktur basis data. Ini mencakup perintah seperti CREATE (membuat tabel atau basis data), ALTER (mengubah struktur tabel), dan DROP (menghapus tabel atau basis data).

  • Data Manipulation Language (DML)

DML digunakan untuk memanipulasi data yang ada di dalam tabel. Perintah-perintah seperti INSERT (menambahkan data baru), UPDATE (mengubah data yang sudah ada), dan DELETE (menghapus data) termasuk dalam DML.

  • Data Control Language (DCL)

DCL digunakan untuk mengatur hak akses dan kontrol keamanan pada basis data. Perintah GRANT (memberikan hak akses) dan REVOKE (mencabut hak akses) merupakan contoh DCL.

  • Transaction Control Language (TCL)

TCL digunakan untuk mengelola transaksi dalam basis data. Perintah COMMIT (menyimpan perubahan transaksi) dan ROLLBACK (membatalkan perubahan transaksi) adalah contoh dari TCL.

  • Data Query Language Extended (DQLE)

DQLE adalah ekstensi dari DQL yang mencakup fitur-fitur tambahan seperti fungsi agregat (SUM, AVG, COUNT) dan operasi gabungan untuk mengambil data dengan cara yang lebih kompleks.

  • Procedural Language/SQL (PL/SQL)

PL/SQL adalah ekstensi dari SQL yang memungkinkan penulisan kode pemrograman prosedural di dalam SQL. Ini memberikan kemampuan untuk membuat prosedur, fungsi, dan blok-blok kode untuk pengelolaan dan pemrosesan data.

Fungsi SQL

Terdapat berbagai fungsi SQL yang bisa digunakan dalam pemanfaatan SQL dalam desain dan data management. Berikut informasi selengkapnya mengenai fungsi-fungsi SQL.

  • Mampu mengeksekusi berbagai query yang ada.
  • Mengatur dan mengelola kebutuhan hak akses tabel, pandangan, serta prosedur pada database.
  • Mampu mengakses database dengan menuliskan perintah dengan query yang telah ditetapkan.
  • Dapat membuat tabel yang digunakan untuk menyimpan semua data pada database.
  • Dapat melihat struktur kabel.

Istilah Penting dalam SQL

Berikut adalah beberapa istilah penting yang perlu Anda pahami saat menggunakan SQL.

Table: Objek database yang merupakan tempat penyimpanan data di RDBMS.
Record: Setiap baris yang ada di dalam tabel (umumnya berisikan nama unik yang berkaitan dengan data yang dikumpulkan).
SQL Queries: Perintah atau tugas untuk memodifikasi data yang sudah disimpan di RDBMS. Perintah tersebut bisa berupa update tabel, membuat tabel baru, menghapus tabel, dan masih banyak lagi.

Perintah SQL

sql

Berikut adalah beberapa perintah SQL yang paling umum atau yang paling sering digunakan.
SELECT: Mengekstrak data dari database.
DELETE: menghapus data dari database.
UPDATE: Memperbarui data dari database.
CREATE TABLE: Membuat tabel baru.
INSERT INTO: Memasukkan data baru ke database.
DROP TABLE: Menghapus tabel.
ALTER TABLE: Mengubah tabel.

Manfaat SQL

Terdapat 4 aspek utama dalam pemanfaatan SQL dalam desain dan manajemen basis data. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

  • Kesederhanaan
    Aspek pertama yaitu kesederhanaan bahasanya. SQL menjalankan perintah menggunakan bahasa Inggris umum yang cukup mudah untuk dipahami. Hal ini memberikan keuntungan untuk para pemula sehingga bisa mempelajarinya dengan cepat. Meskipun tidak memiliki latar belakang seputar coding, Anda tetap bisa mempelajari dasar-dasar SQL dengan baik.
  • Kesamaan
    SQL sudah ada sejak tahun 1970-an sehingga bisa dibilang sebagai ‘sesepuh’ di antara berbagai bahasa pemrograman lainnya. Artinya, SQL sudah eksis lebih dari 50 tahun namun masih menjadi andalan bagi banyak developer. Hal ini dikarenakan SQL bisa diterapkan pada berbagai system IT yang berbeda. Bahkan SQL mampu bekerja secara bersama-sama dengan bahasa lain seperti Python. Karena itulah SQL masih sering digunakan hingga saat ini.
  • Kecepatan
    SQL mampu bekerja dengan kecepatan operasional tinggi. Dengan begitu, SQL mampu meningkatkan jumlah pengambilan data secara efektif dan efisien. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memanipulasi dan menyimpan data dengan lebih cepat.
  • Integrasi
    Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan SQL yaitu kemudahan pengintegrasian dengan bahasa pemrograman lain seperti Python. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa mengelola database dan melakukan manajemen basis data dengan mudah.

Sekian pembahasan mengenai SQL. Pemanfaatan SQL dalam desain dan manajemen basis data memberikan kemampuan pada pengguna untuk berinteraksi secara efektif. Contohnya yaitu melakukan manipulasi data, menjaga integritas data, serta mengoptimalkan kinerja basis data.

Bagikan