pasar modal

Thread dari @fierza, 28 Februari 2019. https://twitter.com/fierza/status/1101117986549559296

Pasar modal itu pasar yang jualan instrument keuangan buat dapetin modal untuk para pelaku usaha (termasuk negara salah satunya). Di Indonesia, pengelola pasarnya adalah Bursa Efek Indonesia.

Inget cerita gorengan? Ibaratnya kalau lu yang punya bisnis gorengan dan lu kehabisan modal, opsinya kan cuma dua, antara;

  1. Pinjem; atau
  2. Ngajak temen joinan untuk modalin lu.

Nah BEI ini bantu lu dengan ngumpulin para investor yang mau nitip duitnya ke lu.

Caranya gimana? BEI punya beberapa instrument yang dijual. Seperti:

  1. Saham
  2. Obligasi (Surat Hutang)
  3. Reksadana
  4. Exchange Traded Fund (ETF)
  5. Derivatif

Tapi gw cuma akan bahas poin 1-3 karena gw ga paham 2 produk terakhir. (saham, obligasi dan reksadana)

“Terus kalo gw mau beli produk/instrumentnya gimana? Kudu dateng ke perusahaannya?”

Cara beli saham dan obligasi

Nah ini yang membedakan “pasar modal” dan “pasar” aja. Kalau kita mau beli produk2 di atas, harus melalui sekuritas. Nah lo, apalagi tuh?

Ibarat gini, kalau BEI itu pasar tradisional, sekuritas itu yang pelapak. Produknya yang dijual sayur, ikan, dll.

BEI = Pasar

Sekuritas = Pelapak

Untuk bisa beli sayur mayur, kita belinya ke pelapak dong, bukan ke pengelola pasar. Sama, pasar modal juga gitu.

Jadi setelah ini, kalau ada temen lu yang nanya “Kalau gw mau beli sahamnya Unilever, gw harus ke kantornya apa ke pabriknya?”. Lu udah bisa ceramahin deh. Belinya di pasar modal ye, nggak jual begituan di toko fisik.

“Jadi.. Nggak jual di toko fisik gitu? Terus cara belinya gimana?”

Pertama, kalian harus punya rekening efek. Istilahnya ada Rekening Dana Investor (RDI), Rekening Dana Nasabah (RDN), banyak dah.

Intinya rekening efek. Untuk punya ini, kalian harus daftar via Sekuritas.

Gampangnya, kalo lu pake Gojek, RDN tuh kaya Go-Pay. Bedanya di BEI ngga ada opsi bayar pake cash. Jadi mau ngga mau lu harus ‘Top-Up’ RDN lu untuk beli saham dll tadi.

Cara buka rekening efeknya gimana? Cara transaksinya? Siapin ini dulu deh:

cara beli saham

Nah untuk poin kedua, ada banyak sekali Sekuritas yang bisa kamu pilih. Bisa dilihat di daftar BEI di sini. Tapi gw sendiri pake @TalkToPhillip (uhuk nih gw nggak diendorse ya, tapi buat contoh ntar di thread selanjutnya)

Kita rangkum ya:

  • Pasar Modal = Pasar yang jual instrument keuangan untuk modalin pelaku usaha
  • BEI = Pengelola pasar
  • Sekuritas = Pelapak
  • Produk keuangan = Sayur mayur Untuk beli produk keuangan di pasar modal, harus punya RDN.
  • RDN bikinnya melalui Sekuritas. Sekian untuk pasmod (Pasar Modal)

 

 

 

 

 

 

Share this to your friends