Siapa sih disini yang ga pernah nongkrong sama temen-temen? Pasti semua pernah kan ya, atau bahkan sangat sering sampai setiap weekend selalu punya jadwal nongkrong dengan mereka?

Apa aja sih kegiatan kalian kalo lagi ngumpul bareng temen-temen? Pasti ga jauh dari gosip, makan, minum, foto, boomerang kan? Hayo ngaku! Apalagi pas bagian gosip, haha!

Bosen ga sih? Pasti bosen banget kan, apalagi buat yang setiap weekend ketemu. Eits, tapi tenang aja, disini akan kita kasih tau nih kegiatan lain selain yang diatas yang bikin nongkrong kita ga ngebosenin lagi.

Mau tau? Ini dia 20 Board Game yang bisa kamu bawa kemana-mana tanpa ribet dan bisa dimainkan rame – rame sama teman kalian!

20 Game Board Untuk Dimainkan Rame – Rame

  • Coup

Bisa dibilang Coup ini permainan “kebohongan” karena salah satu strategi bertahan adalah dengan membohongi pemain lain dari karakter yang kalian peranin.

permainan coup

Ada 5 karakter yang punya keunggulan masing-masing, setiap pemain memainkan 2 karakter dan mesti membunuh karakter lawan.

  • Splendor

Kalo di permainan splendor ini tugas kalian mengumpulkan kartu/berlian untuk menukarkan kartu lain yang mempunyai score dan di kumpulkan hingga 20point.

permainan splendor

Disini juga kalian mesti sabar, karena untuk meraih score dari kartu mesti butuh waktu dan strategi yang tepat.

  • Saboteur

Nah ini seru nih, kalian akan di tugaskan menjadi gold miners atau saboteur. (Sesuai kartu yang kalian dapet)

Selain dapet kartu peran, kalian juga dikasih kartu lainya untuk menutup/membuka jalan.

Tugas gold miners adalah membuka jalan, sedangkan Tugas saboteur adalah penutup jalan, nah serunya lagi kalian tidak tau nih teman kalian satu team atau tidak dengan kalian.

saboteur

Jadi kalian mesti tebak-tebak mana teman mana lawan, kemenagan ditentukan saat gold miners meraih emas/saboteur berhasil menutup jalan gold miners ke emas.

  • Uno, Monopoli, Ular Tangga & Ludo

Kalo ini dgabung dan gausah jelasin kali yah, karena sudah terlalu mainstream dengan kalian pastinya dan bisa ditemukan di Upnormal tanpa harus membawa sendiri.

uno monopoli ludo

  • The Festivals

Ini game board buatan lokal guys, jadi pemain yang terdiri dari 2-4 pemain akan mengelilingi seluruh pulau di indonesia untuk menikmati setiap festival yang ada.

the festivals

Setiap pemain akan di beri tiket (berupa cube) untuk menaiki pesawat untuk menuju setiap pulaunya.

  • Cluedo

Buat kalian yang suka conan mungkin akan cinta sama game board Cludeo ini, karena tugas kalian disini adalah mengungkap kasus dan menebak segala kemungkinan yang ada.

cludeo

Kalian disuruh menebak pembunuh, menggunakan apa, dan tempat pembunuhan, menarik banget kan?

  • Pictionary

pictionary

Game yang seru dimainkan 2-3 kelompok nih, kalian juga membutuhkan alat tulis, nanti setiap tim akan diberikan kartu kategori untuk menebak apa yang dimaksud penggambar. Ah iya kalian juga butuh papan tulis dan spidol, setiap penggambar dengan kelompok

Berbeda akan menggambar dengan waktu yang bersamaan dengan waktu satu menit. Kelompok kalian akan di tentukan menang ketika menebak kata di kotak “All play” terahkir.

  • Scrabble

scrabble

Tujuan dari permainan ini mendapatkan banyak poin dari menyusun huruf-huruf untuk membuat satu kata. Balok-balok yang berupa huruf akan di masukan kantong agar tidak diketahui pemain huruf yang akan di ambil. Kalian juga bisa menukar-nukar huruf.

  • Catan

catan

Papan ini berbentuk heksagonal yang pastinya unik banget dari papan permainan biasanya, disini kita ditugaskan untuk menciptakan jalan, kota dan pemukiman catan.

Game ini sangat analitis tapi dibutuhkan juha strategi yang canggih serta keterampilan perencnaan yg baik.

  • Sorry!

sorry

Mirip-mirip ludo, pemain melakukan perjalanan di sekitar papan dengan pion mereka.

Cuma templatenya yang berbeda, dan uniknya, kalian mesti ngomong “Sorry gaes tadi aku keliatan….” Eh enggak.

Cukup ngomong sorry jika kalian membuat lawan anda mengulang jalannya.

  • Jengga

jengga

Jika kalian ingin membuat kegaduhan di tempat umum, mungkin game ini yang tepat.

Game berupa susunan balok-balok yang kalian mesti ambil dan dipindahkan ke bagian atas, salah langkah bisa membuat bangunan ini hancur dan menyebabkan anda kalah gaes.

  • Cenayang

cenayang

Kalo dari tadi banyak permainan lama, nah ini seger banget nih, karena baru rilis akhir januari kemaren guys dan tentunya karya anak bangsa.

Inti dari permainan ini adalah membuatmu lebih ‘blak-blakan’ dengan teman-temanmu

Game ini asik dimainkan 3-6 pemain

Setiap putaran, masing-masing pemain akan mendapatkan sebuah kartu topik dan kartu taget berisi angka rahasia.

Tugas dari pemain aktif yaitu mengucapkan sebuah kalimat cenayang (sesuai topik), yaitu kalimat yang bisa ditanggapi dengan kata “ya” atau “tidak. Seru banget kan?

  • Warewolf

warewolf

Diperlukan sekitar 8-12 pemain yang duduk melingkar, nantinya mereka akan mendapatkan peran.

Nah serunya, disini ada sang moderator yang akan memimpin jalanya permainan, mungkin sudah familiar juga ya kalian dengan game ini, sempat rame juga di app telegram.

  • Cards Against Humanity

cards against humanity

Sebenernya permainya sangat sederhana, setiap putaran satu pemain mengajukan pertanyaan dari kartu berwarna hitam dan sisa pemain lainya akan menjawab dengan kartu putih mereka.

Fyi, permainan ini di adopsi di Indonesia dengan nama “Santai Aja Lagi”.

  • The Resistance – Avalon

The Resistance - Avalon

Terinspirasi dari Warewolf dan Mafia, permainan ini juga memiliki keseruan yang sama.

Game ini bisa di mainkan oleh 5-10 pemain yang akan dibagi menjadi 2 faksi untuk dinyatakan faksi mana yang menang setelah mendapat 3 kali kemenangan.

  • Biblios

biblios

Permainan yang melibatkan banyak perencanaan strategis, beberapa menggeretak dan sedikit keberuntungan.

Tujuan permainan ini adalah mencetak poin kemenangan dengan memenangkan salah satu dari 5 kategori. Ada 2 tahap permainan yaitu tahap donasi dan lelang.

  • Love Letter

love letter

Tujuan anda adalah untuk mendapatkan surat cinta anda ke tangan putri sambil mebelokan surat-surat dari pelamar yang bersaing.

Dimulai dengan hanya satu kartu di tangan oleh setiap pemain, setelah itu anda menggambar satu kartu, dan memainkan satu kartu

Mencoba mengekspos orang lain dan menjatuhkan mereka dari permainan.

Kartu yang kuat mengarah ke keuntungan awal, tetapi membuat Anda menjadi target. Namun, andalkan kartu yang lebih lemah terlalu lama, dan surat Anda mungkin terlempar ke dalam api!

  • Secret Hitler

secret hitler

Setiap pemain secara acak dan diam-diam ditugaskan untuk menjadi seorang liberal atau fasis, dan satu pemain adalah Secret Hitler.

Di awal permainan, pemain menutup mata mereka, dan kaum fasis saling mengungkapkan diri. Secret Hitler menutup matanya, tetapi mengacungkan jempolnya sehingga kaum fasis dapat melihat siapa dirinya.

Setiap putaran, pemain memilih Presiden dan Kanselir yang akan bekerja sama untuk memberlakukan hukum dari dek acak. Tujuan dari tim liberal adalah untuk meloloskan lima kebijakan liberal atau membunuh Secret Hitler.

Tujuan dari tim fasis adalah untuk mengesahkan enam kebijakan fasis atau memilih kanselir Rahasia Hitler setelah tiga kebijakan fasis berlalu.

  • 7 Wonders

7 wonder

7 Wonders berlangsung selama tiga usia. Di setiap usia, pemain menerima tujuh kartu dari tumpukan tertentu, memilih salah satu kartu itu, lalu meneruskan sisanya ke pemain yang berdekatan.

Pemain mengungkapkan kartu mereka secara bersamaan.

Setiap kartu dimainkan segera setelah disusun, sehingga anda akan tahu kartu mana yang diterima tetangga anda dan bagaimana pilihannya dapat memengaruhi apa yang sudah anda bangun.

Kartu dilewatkan kiri-kanan-kiri selama tiga zaman, jadi Anda perlu mengawasi tetangga anda.

  • Bang!

bang

Setiap pemain secara acak menerima kartu karakter untuk menentukan kemampuan khusus, dan kartu peran rahasia untuk menentukan tujuan mereka.

Tersedia empat Peran yang berbeda, masing-masing dengan kondisi, Peran seorang pemain dirahasiakan, kecuali untuk sheriff.

Baca Juga: Game Racing Android Terbaik

Nah itu dia tadi 20 game board yang dapat dimainkan rame – rame! Kali bisa beli semua game itu baik online maupun offline kok, tapi ada juga game board yang harus beli dari luar.

Tapi jangan khawatir, kalian bisa datang ke tempat – tempat ini kalo kalian ga mau beli game boardnya kok.

Yuk kurang – kurangin deh ghibah pas lagi nongkrong sama temen – temen! Menging main game board ini aja!

Diambil dari Twitter Thread https://twitter.com/Derryours/status/1092024188028637184

Credit to @Derryours
Share this to your friends