selandia baru

 

Salah satu alasan mengapa orang-orang tertarik untuk memilih paket tour ke New Zealand adalah karena banyaknya hewan endemik yang tidak bisa ditemui di tempat lain.

Jika kamu suka berpetualang dan menyukai hewan-hewan unik, maka Selandia Baru bisa menjadi surga dunia untukmu.

Selandia baru memiliki berbagai jenis burung, kadal, dan lumba-lumba. Penasaran seperti apa keunikan hewan endemik di Selandia Baru? Langsung saja intip list di bawah ini!

  • Kea

burung kea

Pernah mendengar jenis burung dengan nama kea? Mungkin hampir tidak pernah sebab kea merupakan beo yang sangat jarang ditemui di Indonesia.

Kea sendiri merupakan satu-satunya jenis beo yang hidup di pegunungan. Burung ini memiliki penampilan yang sangat cantik – terdapat corak yang khas dan warna bulu yang indah.

Kea memakan berbagai jenis makanan, mulai dari akar-akaran, daun, buuah, bahkan bangkai.

  • Tuatara

tuatara

Tuatara merupakan reptil yang konon sudah sangat lama ada di permukaan bumi ini. Pasalnya, tuatara diperkirkan sudah ada sejak 200 juta tahun yang lalu.

Meskipun mirip seperti kadal, hewan endemik Selandia Baru ini bukan termasuk kadal. Uniknya lagi, tuatara memiliki tiga mata.

Mata yang ketiga terletak di atas kepalanya, tetapi mata ini tidak terlihat pada tuatara dewasa karena tertutup sisik. Fungsi mata ketiga ini bukan untuk melihat, melainkan untuk mendeteksi cahaya.

  • Lumba-lumba hector

lumba-lumba hector

Berbeda dengan lumba-lumba biasanya, tampilan lumba-lumba hector ini sangat unik. Siripnya mirip seperti telinga karakter kartun Mickey Mouse dan badannya memiliki corak hitam putih seperti paus pembunuh.

Lumba-lumba hector merupakan salah satu spesies lumba-lumba terkecil di dunia. Sayangnya, spesies lumba-lumba ini terancam punah dan hanya ada sekitar 100 ekor di alam bebas.

  • Kiwi

burung kiwi

Bukan nama buah, Kiwi merupakan nama salah satu jenis burung yang tak bisa terbang (burung ratite) yang menjadi kebanggaan Selandia Baru.

Ya, berbeda dengan burung pada umumnya, kiwi tidak dapat terbang dan memiliki tubuh bulat dan gempal. Namun, kiwi merupakan jenis burung yang sangat unik dan merupakan satu-satunya burung yang memiliki lubang hidung di ujung paruhnya. Tak heran kalau burung kiwi menjadi maskot negara Selandia Baru.

Penasaran ingin melihat fauna-fauna di atas? Sempatkan untuk berlibur ke Selandia Baru! (Rima)

Share this to your friends