tips liburan domestik

Liburan adalah hal yang ditunggu-tunggu oleh setiap anggota keluarga. Tentunya, merencakanannya pun menjadi kegiatan yang mengasyikan. Mulai dari menentukan destinasi wisata, mengatur perjalanan, mengatur kegiatan harian, sampai melakukan packing.

Eits, meskipun hal-hal tersebut menyenangkan, jangan sampai melupakan kegiatan yang terpenting lainnya yah seperti mempersiapkan dana dan juga beli asuransi online yang berguna untuk liburan, yakni asuransi perjalanan.

Kedua poin ini penting untuk memberi jaminan proteksi pada Anda dan keluarga selama menghabiskan liburan di tempat yang dituju. Nah, berikut ini ada tips perencanaan dana dan asuransi perjalanan yang bisa Anda tiru untuk melengkapi rencana perjalanan Anda.

Tips perencanaan perjalanan

  1. Tuliskan semua pengeluaran yang sudah pasti seperti biaya transportasi, sewa hotel, dan uang masuk ke dalam wahana. Hal ini membantu Anda untuk mengira-ngira seberapa besar pengeluaran yang akan Anda keluarkan dalam satu hari. Ingat, ini barulah hitungan kasar saja. Setelah itu, baru tambahkan pengeluaran untuk oleh-oleh dan biaya konsumsi.
  2. Pastikan destinasi liburan yang dipilih sudah tepat. Memilih destinasi wisata tak bisa dilakukan sembarangan, terlebih jika Anda memiliki anak yang masih balita. Misalnya saja, Anda ingin sekali mengunjungi destinasi wisata yang populer di Labuan Bajo. Namun, jika anak masih balita, sebaiknya urungkan niat tersebut karena anak Anda tak bisa menikmati liburannya secara utuh. Pilihlah destinasi wisata yang memiliki arena bermain dan memungkinkan anak untuk bergerak bebas.
  3. Siapkan asuransi perjalanan Anda. Jika Anda belum membeli asuransi perjalanan, beli dahulu sebelum pergi. Banyak yang menyangka bahwa membeli asuransi perjalanan adalah pemborosan. Padahal kenyataannya tidak demikian. Saat liburan, kita sangat membutuhkan asuransi perjalanan apalagi jika lokasi liburan kita adalah negara yang jauh dari Indonesia. Asuransi perjalanan memberi kita proteksi jika ada sesuatu yang tidak diinginkan menimpa kita. Misalnya kecopetan, pesawat yang delay, atau bahkan jika kita harus masuk rumah sakit karena kecelakaan, misalnya. Jadi, jangan anggap remeh asuransi perjalanan ini. Pilih asuransi perjalanan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi yang sudah terkenal baik reputasinya.
  4. Bawa uang cash Anda tentunya tidak ingin menarik perhatian tangan-tangan jahil dengan dompet Anda yang menggmbung, bukan? Gunakan uang-uang cash untuk membayar pengeluaran-pengeluaran yang tidak bisa menggunakan pembayaran debit. Untuk membayar hotel, taman wisata, jika masih bisa menggunakan credit card atau atm, sebaiknya bayar dengan kartu.

Itu dia tips-tips yang bisa Anda lakukan dalam melakukan perencanan perjalanan. Semoga tips tersebut bisa membantu Anda, ya. Selamat berlibur!

Share this to your friends