Belajar Menenun di Kampung Tenun Samarinda

0
kain tenun samarinda

Sebagai kota terbesar di Kalimantan, tak mengherankan jika Samarinda seringkali disinggahi oleh wisatawan dari dalam dan luar negeri. Hotel Samarinda pun selalu dipadati oleh tamu, terlebih saat memasuki liburan sekolah.

Hal tersebut bukanlah sesuatu yang asing sebab Samarinda memang memiliki pesona alam yang eksotis dan menarik untuk dieksplorasi.

Bagi Anda yang akan mengunjungi Samarinda dalam waktu dekat, ada baiknya menyempatkan diri untuk mengunjungi Kampung Wisata Tenun Samarinda.

Sesuai dengan namanya, di tempat ini, Anda bisa melihat dan ikut terlibat langsung dalam proses pembuatan sarung tradisional Samarinda.

Jadi, tak hanya sekedar berlibur saja, Anda pun bisa mendapatkan pengalaman baru soal kebudayaan Samarinda.

Bagi Anda yang membawa anak pun, tempat ini bisa menjadi sarana edukasi bagi Anda dan si kecil.

Kampung Wisata Tenun Samarinda berada tak jauh dari pusat kota, yakni sekitar 8 km saja.

Terletak di Jl. Panglima Bendahara Samarinda, tempat ini sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana wisata.

Meskipun sebagian pengrajin tenun lebih memilih mengerjakanan tenun di rumah-rumah kayu milik mereka, pengunjung masih bisa melihat prosesnya dan juga membeli hasil tenun khas buatan masyarakat setempat.

Tidak perlu membayar tiket masuk di sini karena semua orang bisa melihat langsung aktivitas warga yang sedang asyik menenun di halaman rumah.

Sarung Tenun Samarinda

Sejak dulu kala, sarung Samarinda memang sudah terkenal karena kualitasnya. Sebab sarung Samarinda, yang biasa disebut juga sebagai Sutra Samarinda, terbuat dari benang serat sutra sintetis yang memiliki sifat sama dengan sutra alami.

Benang ini kemudian akan ditenun dengan menggunakan gedokan atau Alat Tenun Bukan Mesin (ABTM). Biasanya, satu buah sarung akan diselesaikan dalam jangka waktu tiga minggu.

Harga yang ditawarkan untuk satu sarung tenun Samarinda sangat bervariasi, tergantung dengan motifnya.

Semakin banyak motif di dalam sarung, maka semakin mahal pula biaya yang harus dibayarkan. Namun demikian, harga yang ditawarkan sebanding kok dengan kualitasnya.

Sarung Samarinda ini sangat cocok untuk dijadikan buah tangan karena mewah dan cocok untuk dipakai dalam semua kesempatan.

Jadi, tertarik untuk memilikinya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here