mudik naik motor

 

Motor menjadi salah satu kendaraan favorit para pemudik. Meskipun jarak yang ditempuh sangat jauh dan pastinya melelahkan, tetapi tidak mengurangi semangat para pemudik ini untuk tetap melakukannya. Namun, agar kegiatan mudik tetap aman dan tenang, biasanya mereka akan melindungi kegiatan mudiknya dengan asuransi mudik. Apalagi mengingat risiko pemudik motor jauh lebih besar jika dibandingkan dengan pemudik menggunakan mobil. Itulah sebabnya, melindungi perjalanan dengan asuransi merupakan hal yang sangat penting.

Namun, menggunakan asuransi saja tidaklah cukup. Anda tetap harus menerapkan berbagai tips aman mudik dengan motor dan yang tidak kalah penting yaaitu membawa berbagai benda wajib bagi pengendara motor. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Barang Yang Wajib Dibawa Saat Mudik Dengan Motor

  • Jas hujan

Cuaca yang sangat tidak menentu seperti sekarang ini menuntut Anda harus membawa jas hujan kapanpun. Meskipun pada saat Anda pergi cuaca sedang cerah, ada baiknya jika tetap membawa jas hujan sebagai persiapan. Jadi jika sewaktu-waktu cuaca berubah, Anda sudah siap menghadapinya.

  • Makanan dan minuman

Meskipun seandainya Anda tetap menjalankan ibadah puasa saat perjalanan mudik, Anda sebaiknya tetap membawa makanan dan minuman sebagai persiapan. Jika suatu saat karena kondisi jalan atau cuaca membuat kondisi fisik Anda menurun, Anda sudah siap berbuka tanpa perlu repot mencari penjual makanan atau minuman. Namun bawalah dalam jumlah secukupnya, karena jika membawa berlebihan bisa semakin membebani Anda.

  • Jaket

Gunakan jaket selama perjalanan baik pada siang hari maupun malam hari. Ada baiknya jika Anda menggunakan jaket yang dapat menahan angin dan hujan. Dengan begitu dapat mengurangui risiko Anda masuk angin. Apalagi jika Anda melakukan perjalanan di malam hari.

  • Obat-obatan

Jangan lupa untuk membawa beberapa obat-obatan sederhana yang kemungkinan akan Anda butuhkan. Misalnya seperti obat untuk luka, kassa, perban, minyak angin, dan obat masuk angin. Bawalah dalam jumlah secukupnya dan kemas dalam kemasan yang praktis.

  • Peralatan perbaikan motor

Membawa kotak peralatan kecil yang berisi obeng, tespen, baut, dan sebagainya juga wajib dilakukan. Sebab peralatan ini bisa sangat mmembantu Anda jika seandainya terjadi masalah pada mesin motor Anda dalam perjalanan.

Semoga setelah mempersiapkan perjalanan mudik dengan baik, menaati semua peraturan lalu lintas selama perjalanan, dan tidak lupa membawa semua peralatan di atas, Anda bisa sampai kampung halaman dengan selamat. Semoga membantu! (Vita)

Share this to your friends