fbpx
Bagikan

Saat ini, printer memang sudah menjadi barang wajib yang harus ada pada setiap instansi maupun perusahaan karena digunakan untuk mencetak dokumen-dokumen penting yang akan dikirimkan ke klien maupun dijadikan sebagai arsip pribadi perusahaan. Tak hanya itu saja, printer juga kerap dimanfaatkan untuk memperbanyak, men-scan, dan mentransfer dokumen kepada pihak lain. Jenis printer yang biasa digunakan seperti printer All In One, Laser Jet, Dot Metrix, dan lainnya.

Sama halnya dengan perusahaan, instansi, dan lainnya, pusat perbelanjaan juga menggunakan printer sebagai pencetak struk belanja para pembeli. Hanya saja, jenis printer yang digunakan tentu berbeda dan biasanya memakai Printer Thermal. Apakah itu?

Pengertian Printer Thermal

Printer Thermal sendiri merupakan salah satu jenis printer yang kerap digunakan untuk mencetak struk belanja pada pusat perbelanjaan. Cara kerja dari printer ini adalah memanfatkan panas untuk menghasilkan tulisan maupun gambar di atas kertas dengan proses pencetakannya menggunakan gulungan kertas. Ciri khas dari printer ini adalah memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga tidak akan memakan banyak tempat ketika digunakan untuk mencetak struk belanjaan.

Biasanya, printer ini dikhususkan untuk mencetak dokumen berwarna hitam, namun kadang bisa pula dimanfaatkan untuk mencetak dokumen berwarna. Yang menarik dari printer ini adalah tidak membutuhkan tinta atau toner karena pengoperasiannya hanya tergantung pada kertas thermal.

Fungsi dari Printer Thermal

Seperti yang sudah disinggung di atas, printer satu ini umumnya digunakan untuk mencetak struk-struk belanjaan pembeli. Namun, tak hanya itu, printer ini juga bisa digunakan untuk mencetak karcis tol, tiket pesawat, label barcode, nomor antrian, karcis parkir, resep dokter, dan lain sebagainya. Dan kerap ditemukan pada minimarket, bank, restoran, loket gerbang jalan tol, loket parkir, pom bensin, dan sebagainya.

Kelebihan Printer Thermal

Terdapat beberapa keuntungan yang diberikan oleh Printer Thermal ini, di antaranya:

  • Tidak membutuhkan tinta (cartridge)
  • Mudah digunakan karena tombolnya sedikit.
  • Tidak menimbulkan suara berisik,
  • Harganya murah dan tersedia dalam berbagai ukuran dan model.
  • Sangat cepat dalam mencetak dokumen.
  • Tahan lama dibanding printer jenis lainnya.

Itu dia penjelasan singkat mengenai Printer Thermal, fungsi, dan kelebihan yang diberikannya. So, untuk Anda yang ingin membeli printer, entah itu Printer Thermal ataupun printer untuk kantor maka disarankan membelinya di Brother dengan membuka https://www.brother.co.id/id-id/products/all-printers/printers?category=work. Banyak jenis printer yang bisa Anda temukan di website tersebut.

Semoga bermanfaat! –SH–

Bagikan