Bagikan

Pandemi COVID-19 mengajarkan kita semua untuk lebih peduli pada kesehatan diri dan lingkungan sekitar.

Salah satu kebiasaan yang jadi rutinitas sehari-hari setelah coronavirus adalah mencuci tangan dan membersihkan benda-benda pribadi yang kita pegang atau bawa.

Nah, untuk membersihkan tangan mungkin kamu sudah memboyong hand sanitizer, tisu kering, dan tisu basah ke mana pun kamu pergi.

Tapi, bagaimana dengan layar benda-benda elektronikmu—seperti ponsel, tablet, ataupun laptop? Tahukah kamu bagaimana cara membersihkannya dengan tepat? Jika belum, yuk simak kiat-kiatnya berikut!

Cara Membersihkan Layar Alat Elektronik

  1. Tidak menyemprotkan langsung. Jangan pernah membersihkan layar benda elektronik dengan cara menyemprotkan langsung cairan pembersih ke layar, ya. Sebab, melakukan ini sama saja kamu berniat merusakkannya. Makanya, kiat pertama untuk membersihkan layar benda elektronik adalah dengan menyemprotkan cairan pembersih ke tisu atau kain halus, lalu mengelapkan tisu atau kain halus tersebut pada layar.
  2. Hindari cairan berbahan dasar alkohol atau amonia. Melansir situs Makes Space, cairan berbahan dasar alkohol ataupun amonia memang akan memberikan hasil sanitasi atau kebersihan yang baik. Akan tetapi, cairan seperti ini justru bisa merusak kualitas layar, terutama jenis layar LCD. Jadi, gunakanlah cairan pembersih dengan kandungan utama lain, ya.
  3. Jangan pakai handuk kertas atau kain lap. Seperti yang sudah disebutkan pada poin pertama, material terbaik untuk membersihkan layar benda elektronik adalah tisu atau kain halus. Sebab, tekstur dua material ini cukup halus dan tidak akan merusak (seperti memberikan goresan) pada layar benda elektronik. Oleh sebab itu, hindari menggunakan handuk kertas atau kain lap saat akan mengelapnya, ya.
  4. Matikan benda elektroniknya terlebih dahulu. Apa pun jenis layarnya, penting untuk mematikannya ketika hendak kamu bersihkan. Pasalnya, layar benda elektronik yang masih meninggalkan panas akan menyulitkan proses pembersihan, atau malah merusak benda tersebut. Setelah membersihkan dengan cairan pembersih, kamu juga bisa menyeka layar dengan kain microfiber yang bersih dan kering untuk menghilangkan debu secara total.

Nah, itulah dia tips mudah untuk membersihkan layar benda elektronik. Ingat setiap step-nya, ya! Semoga informasi di atas berguna! (AP)

Bagikan