wireless

Printer all-in-one boleh jadi alat pencetak yang diminati oleh banyak pihak. Sebab, seperti namanya, printer ini menawarkan fungsi yang cukup beragam. Tidak hanya mencetak, printer all-in-one juga memiliki banyak fungsi lain, seperti menyalin, dan memindai.

Alat elektronik satu ini juga dilengkapi dengan fitur konektivitas seperti Wi-Fi dan driver sistem komputasi seperti Apple dan Windows. Semua manfaat ini tentu menarik sekali dimiliki, terlebih beberapa printer all-in-one menawarkan harga yang cukup kompetitif.

Namun, sebelum memborongnya, ada baiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal berikut untuk tahu printer all-in-one mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu!

Mana Printer all-in-one yang kamu butuhkan?

  • Fungsi tambahan yang dibutuhkan

Menargetkan printer all-in-one berarti kamu pasti membutuhkan fitur salin (copy) dan pindai (scan). Sebab, itulah dua fitur ‘dasar’ printer all-in-one selain fitur cetak. Nah, selain ketiga fitur ini, fungsi apa lagi yang kamu butuhkan dari sebuah alat pencetak?

Situs TechRepublic mengatakan bahwa produsen-produsen printer berlomba membuat printer all-in-one dengan fitur paling komprehensif. Di sisi lain, mereka harus dapat menjual barang tersebut dengan harga yang kompetitif agar tidak kalah saing.

Sebagai kompensasinya, beberapa printer all-in-one memiliki kualitas hasil cetak yang kurang tajam atau menurunkan mutu mesin pemindai, agar dapat menampung fitur yang lebih banyak (misalnya fitur faks).

Jadi, sebelum memilih printer yang paling banyak fungsinya, ada baiknya kamu memilih printer yang menawarkan hasil atau kualitas paling baik pada fitur-fitur yang paling kamu butuhkan.

  • Jenis konektivitas yang dimiliki

Printer all-in-one biasanya sudah dilengkapi dengan konektivitas jaringan untuk memudahkan proses pencetakan. Perlu diperhatikan bahwa meski kebanyakan konektivitas yang dimiliki oleh printer all-in-one berbentuk Wi-Fi, ada juga yang menggunakan Ethernet atau jaringan kabel.

Sedangkan laptop atau notebook masa kini banyak yang sudah tidak memiliki lubang untuk kabel Ethernet dan mengandalkan koneksi Wi-Fi sepenuhnya.

Oleh karena itu, sebelum memilih sebuah printer all-in-one, ketahui terlebih dahulu jenis konektivitas yang dimiliki oleh printer apakah sesuai dengan laptop atau tidak. Jangan sampai kamu malah membeli printer dengan fitur yang sia-sia untukmu.

Itulah dia dua hal yang patut kamu perhatikan dengan saksama sebelum membeli printer all-in-one. Semoga artikel ini dapat membantu kamu, ya!

1 KOMENTAR

  1. […] memang bisa membuat hunian terlihat berantakan dan juga penuh, apalagi untuk printer all-in-one. Meskipun printer all-in-one memiliki banyak manfaat, ada yang harus dipertimbangkan sebelum membelin…, yaitu ukurannya yang umumnya lebih besar dari printer biasa sehingga semakin mempersempit […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here