membersihkan sofa

Menjaga kebersihan rumah di tengah pandemi COVID-19 ini tentu wajib hukumnya. Bahkan, para ahli kesehatan, seperti dilansir dari New York Times, menyarankan agar rumah dibersihkan setiap hari untuk mengantisipasi persebaran virus corona.

Tak disangkal, beberapa furnitur di rumah, terutama yang sering mengalami kontak langsung dengan manusia, bisa menjadi perantara persebaran virus ini. Seperti gagang pintu, sofa minimalis, kulkas, dan lain sebagainya.

Atas alasan inilah, furnitur di dalam rumah pun perlu mendapat perhatian khusus. Sofa minimalis, sebagai salah satu furnitur yang digunakan bersama dengan anggota keluarga lainnya, pun perlu dibersihkan secara menyeluruh.

Hanya saja, setiap jenis bahan sofa tentu memiliki penanganan yang berbeda pula. Berikut ini merupakan beberapa cara membersihkan sofa berdasarkan jenis materialnya:

Cara Membersihkan Sofa

  1. Kulit asli. Menjaga perawatan sofa dengan bahan kulit asli memang tidak mudah, namun bukan berarti tak bisa dilakukan. Untuk pembersihan harian, Anda bisa mengelap permukaan sofa dengan kain lembut yang kering. Sementara jika terdapat noda, Anda bisa meneteskan baby oil pada spons, lalu putar searah jarum jam di permukaan sofa secara merata. Jika sudah, gunakan kain lap yang lembap untuk membersihkannya, dan keringkan dengan lap.
  2. Untuk sofa berbahan kain, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debunya. Jika terdapat noda, Anda tak bisa menghilangkannya dengan cara dilap melainkan harus dicuci menggunakan dry clean.
  3. Nah, untuk bahan oscar, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan detergen, air, dan juga sikat. Bubuhkan bagian yang terkena noda dengan cairan detergen, lalu sikat perlahan sampai bersih. Untuk pembersihan harian, Anda bisa menggunakan lap atau vacuum cleaner. Mudah, ya!
  4. Untuk sofa berbahan beludru, pembersihan hariannya bisa menggunakan vacuum cleaner dan juga kemoceng. Sementara untuk menghilangkan noda, bisa menggunakan air dan cairan pembersih.

Itu dia beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membersihkan berbagai bahan sofa di tengah pandemi COVID-19. Selalu jaga kebersihan rumah agar anggota keluarga terbebas dari infeksi virus ini, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here