menghemat listrik

 

Tinggal di apartemen dari perusahaan real estate di Jakarta memang sangat menyenangkan apalagi jika ditambah dengan semua fasilitas yang tersedia di dalamnya. Mulai dari pendingin ruangan, dapur yang menggunakan kompor listrik dan berbagai macam lainnya.

Secara otomatis, Anda akan merasa seperti tinggal di hunian yang sudah melengkapi banyak kebutuhan Anda. Namun dengan lengkapnya fasilitas yang ditawarkan, bayaran yang perlu Anda keluarkan juga pasti akan sepadan.

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran Anda adalah dengan menghemat listrik. Ada 3 hal mudah yang dapat Anda lakukan agar demi menghemat listrik.

  1. Gunakan lampu hemat energi

Tips pertama yang sangat mudah dan dapat Anda terapkan adalah mengganti lampu yang biasa Anda gunakan dengan model lampu yang lebih hemat energi.

Meskipun pasalnya lampu bukanlah salah satu faktor yang menyedot banyak listrik, jika menggunakannya dalam waktu yang lama pasti akan menjadi penyebab tagihan listrik Anda membengkak juga pada akhirnya.

Jika Anda bingung jenis lampu apa yang dapat membantu Anda untuk menghemat listrik, berikut ini adalah beberapa contohnya. (source:spacestock.com)

  • Lampu TL

Lampu TL dikenal dengan sebutan lampu pendar yang cukup murah. Jenis lampu ini memanfaatkan gas NEON dan lapisan Fluorescent sebagai pemendar cahaya pada ketika dialiri arus listrik.

  • Lampu Halogen

Kualitas cahaya dan warna cahaya lampu halogen serupa dengan lampu pijar karena lampu ini memang dibuat untuk menggantikan lampu pijar yang ukurannya lumayan besar.

  • Lampu LED

Lampu jenis ini diklaim dapat menghemat energi sebesar 90%. Selain itu, lampu LED pun mempunyai rentang umur yang panjang, yaitu menjangkau usia hingga 25 tahun. Namun, lampu ini memang cukup mahal di pasaran, harganya bisa dua kali lipat lampu TL.

  1. Menggunakan Pendingin Alami

Pemakaian listrik akan sangat banyak jika Anda selalu menggunakan Air Conditioner secara terus menerus agar ruangan terasa selalu sejuk apalagi pada saat musim kemarau.

Namun, ada cara lain agar Anda tetap merasa sejuk walaupun tidak menggunakan AC. Anda dapat membuka jendela dan meletakkan kipas angin dengan membelakangi jendela. Dengan cara ini, tidak hanya udara sejuk saja yang Anda dapatkan namun sirkulasi udara yang baik.

  1. Menggunakan Microwave Oven

Tidak dapat dipungkiri bahwa memasak adalah salah satu kebutuhan hidup setiap orang. Pada era yang serba modern ini, menggunakan oven untuk menghangatkan dan memanaskan makanan sudah menjadi suatu hal yang sangat normal sering dilakukan.

Namun apakah Anda tahu kalau oven itu sendiri menyedot banyak energi listrik? Maka dari itu, akan sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan microwave oven yang mampu menghemat 30 persen energi jika dibandingkan dengan oven biasa.

Di samping itu, microwave oven tidak mengakibatkan dapur terasa panas karena ia bekerja dengan gelombang mikro, bukan dengan pemanas biasa.

Itulah 3 hal mudah yang dapat Anda lakukan demi menghemat listrik apartemen Anda agar tagihan listrik Anda tidak membengkak. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Share this to your friends