fbpx
Bagikan

Asap mobil merupakan hal yang terjadi karena pembakaran pada mesin yang berjalan sempurna. Hanya saja, dalam keadaaan normal, asap yang keluar dari knalpot tidak akan memiliki warna.

Jika Anda menemukan asap yang keluar dari knalpot berwarna, bisa jadi terjadi masalah pada mesin mobil Anda. Meski sudah menggunakan oli mesin mobil yang bagus, jika terjadi kebocoran, hal tersebut bisa bermasalah pada mobil secara keseluruhan di kemudian hari.

Lantas, apa saja permasalahan yang kerap muncul? Coba cek berdasarkan warna asapnya, ya:

Masalah Mobil Berdasarkan Warna Asap Knalpot

  1. Asap berwarna putih. Jika mobil Anda mengeluarkan asap yang berwarna putih, itu artinya kondisi mobil dalam keadaan aman dan normal. Asap berwarna putih merupakan pertanda uap air. Hal ini biasa terjadi ketika Anda memanaskan mobil di pagi hari dan asap akan menghilang dengan sendirinya saat mesin mulai panas. Hanya saja, jika Anda terus menerus melihat asapnya bahkan setelah mesin panas, bisa jadi terjadi keretakan pada beberapa bagian mesin seperti blok, kepala silinder, atau bahkan terjadi kebocoran pada head gasket. Baiknya, cek ke bengkel untuk mengetahui lebih lanjut, ya.
  2. Asap berwarna hitam. Asap berwarna hitam biasa ditemui pada mobil tua dengan karburator. Hal ini disebabkan karena rasio bahan bakar dengan udara terlalu berlebih sehingga perlu disesuaikan kembali. Atau bisa jadi disebabkan karena pelampung karburator tidak bekerja dengan baik sehingga mesin mengalami kebanjiran bahan bakar. Rasio bahan bakar yang terlalu berlebihan juga bisa dicek dari permukaan dalam knalpot yang dipenuhi dengan endapan karbon.
  3. Asap berwarna biru muda atau biru tua. Meski jarang terjadi, bukan berarti tidak mungkin ditemukan dalam keseharian Anda. Jika Anda menemukan kendaraan Anda mengeluarkan asap kebiruan, sebaiknya waspada. Sebab terjadi kebocoran oli ke ruang pembakaran yang bisa berakibat pada kerusakan valve stem seals atau keausan pada piston ring. Langsung bawa kendaraan Anda ke bengkel terdekat, ya.
  4. Asap berwarna abu-abu. Mobil yang mengeluarkan asap abu-abu berarti mengalami kebocoran dan pembakaran cairan transmisi. Hal ini juga ditandai dengan cairan transmisi yang berwarna gelap serta memiliki bau yang terbakar.

Dengan mengenali warna asap yang keluar dari kendaraan Anda dan juga penyebabnya, Anda bisa mengambil tindakan lanjut dan mengatasinya. Semoga membantu dan selamat mencoba, ya!

Bagikan