roof rack

Kebanyakan sistem pembelian mobil pada masa sekarang sudah meliputi asuransi kendaraan. Yap, prosedur kredit acapkali menawarkan harga jual mobil dengan bonus berupa pertanggungan untuk kendaraan yang dijual. Hal ini membuat Anda tidak perlu lagi mencari-cari asuransi kendaraan terbaik untuk mobil baru Anda.

Beberapa jenis asuransi bahkan menawarkan paket perluasan pada aksesoris mobil, yang mana bertujuan untuk melindungi barang-barang pelengkap yang Anda tambahkan pada kendaraan Anda.

Dengan demikian, Anda bisa bebas memodifikasi mobil Anda, seperti menambahkan roof rack ataupun peredam mobil. Walau demikian, jangan asal saat hendak memasang aksesoris-aksesoris tambahan ini.

Sebab, ternyata ada beberapa hal yang perlu kamu cek sebelum memasang peredam mobil. Begitupun tempat penyimpanan di atas atap mobil yang memiliki aturan main sendiri. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya berikut!

Perhatikan hal ini sebelum pasang Roof Rack

  • Beban maksimal mobil

Aturan tentang beban maksimal kendaraan pasti sudah tercantum dalam buku petunjuk. Nah, sebelum memilih roof rack, Anda wajib mengecek terlebih dahulu berapa besaran beban maksimal yang bisa ditampung oleh mobil Anda.

Pasalnya, pemasangan aksesoris tambahan yang di luar kapasitas dapat memengaruhi performa kendaraan itu sendiri. Dilansir dari Kompas.com, efek samping ketidaksesuaian beban yang diangkut dalam roof rack dapat membuat stabilitas kendaraan berkurang, juga meningkatkan konsumsi bahan bakar.

  • Bentuk roof rack

Setiap kendaraan memiliki desain yang berbeda-beda. Maka dari itu, penting sekali untuk memilih bentuk roof rack yang sesuai dengan ukuran atap kendaraan Anda.

Jangan sampai ukuran roof rack melebihi kapasitas yang dimiliki oleh kendaraan Anda. Sebab, poin ini akan memengaruhi gerakan mobil ketika dalam kecepatan tinggi. Efek lanjutannya adalah keselamatan Anda dan seluruh penumpang menjadi taruhannya.

  • Titik pemasangan

Mobil-mobil berjenis MPV atau SUV mungkin lebih beruntung untuk urusan ini. Sebab, pada jenis mobil seperti ini, roof rail atau dudukan untuk roof rack sudah ditentukan titik-titik pemasangannya, atau bahkan terpasang langsung dari pabrik.

Sehingga, pemilik kendaraan tak perlu kebingungan menentukan titik pemasangan. Namun untuk kendaraan di luar dua jenis ini, perlu ada perhatian khusus soal titik pemasangan roof rail dan roof rack itu sendiri. Pasalnya, penentuan titik pemasangan ini akan memengaruhi keseimbangan mobil saat digunakan.

Itulah dia 3 hal yang penting untuk Anda perhatikan saat hendak memasang roof rack di atas atap mobil Anda. Meski mobil Anda sudah terlindungi sepenuhnya, jangan abai terhadap hal-hal kecil lainnya, ya. Selamat memodifikasi!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here