atasi rem blong

Pastinya pada setiap kendaraan juga dilengkapi dengan system pemberhentian atau sering disebut dengan “rem”.

Dimana rem memiliki fungsi sangat penting, yaitu untuk memberhentikan laju kendaraan atau untuk mengurangi laju kendaraan disaat kendaraan dalam kondisi tersedak maupun saat mendapati jalanan berkelok.

Disebut sebagai komponen penting dalam sebuah kendaraan, setidaknya Anda sebagai pemilik kendaraan juga sewajarnya memberikan perawatan pada rem kendaraan.

Perawatan berupa mengontrol minyak rem, kampas rem, serta pengaturan rem agar bisa berfungsi dengan baik.

Lalu, bagaimana jika rem mengalami blong saat berkendara? Pastinya Anda akan langsung gugup dan tidak bisa berpikir jernih untuk menemukan solusinya.

Jangan khawatir, berikut ini ada beberapa Tips Jitu Atasi Rem Blong Saat Berkendara yang bisa Anda terapkan jika kendaraan Anda tunggangi terjadi rem blong. Simak ulasan lengkapnya.

Tips Atasi Rem Blong

  • Turunkan gigi secepat mungkin.

Saat rem blong secara tiba-tiba ketika Anda berkendara, sesegera mungkin turunkan gigi percepatan. Turunkan gigi mobilmu secara bertahap dari 5, 4, 3, 2 hingga 1 sembari kurangi intensitas gas.

  • Gunakan rem tangan sesudah menurunkan gigi.

Setelah mengurangi gigi percepatan, tekan tuas rem tangan untuk menghentikan mobil Anda hingga benar-benar berhenti.

  • Arahkan mobilmu ke ke jalur lambat.

Jadi, seandainya sudah menurunkan gigi dan menekan rem tangan maka segera arahkan mobilmu ke jalur lambar atau bahu jalan.

Hal ini perlu dilakukan supaya tidak terjadi tabrakan dengan mobil lainnya yang sedang melaju di sekitar Anda dalam kecepatan tinggi. Jangan lupa, gunakan kaca spion dan pastinya nyalakan lampu sein saat mengarahkan mobil ke bahu jalan ya!

  • Jauhkan kaki dari pedal gas.

Saat melakukan beberapa langkah di atas maka sebisa mungkin jauhkan kaki dari pedal gas hal ini untuk mengurangi resiko terinjaknya gas dikarenakan kondisi Anda saat itu sedang gugup.

  • Cek benda yang menghalangi pedal rem.

Benda-benda yang Anda taruh di bawah kursi bisa maju ke depan akibat gaya inertia pengereman dan memblokir pedal rem dari belakang.

  • Injak dan coba rem berkali-kali.

bagi kendaraan yang belum di lengkapi dengan sistem pengereman ABS, coba injak pedal rem berkali-kali.

Soalnya, terkadang rem blong juga mempunyai sifat sementara. Sebaliknya mobil dengan kelengkapan system ABS harus menginjak pedal rem dengan perlahan sebab ABS juga turut membantu Anda melakukan tindakan pengereman otomatis.

  • Peringatkan pengendara lain.

Kalau rem blong terjadi saat Anda berkendara di jalanan yang cukup ramai, maka usahakan untuk memberi peringatan kepada pengendara lainnya.

Caranya ialah dengan menyalakan lampu hazard atau beri tanda dengan mengeluarkan seutas kain dari jendela dan dilambaikan.

  • Jika darurat, tabraklah sesuatu yang ‘lunak’ dan aman.

Maksudnya, saat kondisi benar-benar genting atau Anda sudah tidak ada opsi lain ketika rem blong maka carilah objek yang nampak “lunak” guna menghentikan laju mobil. Sesuatu yang “lunak” seperti gundukan tanah, tumpukan pasir, pagar kayu, dan lain-lain.

  • Tetap tenang.

Kunci dari menanggulangi rem blong ketika berkendara ialah tetap tenang. Dengan tetap tenang dan percaya diri maka langkah-langkah di atas dapat anda lakukan dengan baik. Semoga dengan tetap tenang, Anda bisa selamat dari marabahaya ketika rem blong.

  • Mintalah pertolongan!

Setelah mobil berhasil berhenti, jangan sekali-kali untuk kembali mengemudikan kendaraan Anda tersebut.

Carilah bantuan dengan memanggil mekanik untuk membetulkan atau mobil derek untuk menarik mobil Anda ke bengkel terdekat.

Nah, demikian ulasan singkat mengenai Tips Jitu Atasi Rem Blong Saat Berkendara yang dapat di sampaikan kali ini.

Semoga isi ulasan di atas bisa menjadi refereni dan wawasan bagi Anda para pengguna mobil.

Jangan lupa untuk tetap waspada, dan selalu memeriksa segala komponen penting pada mobil kesayangan agar Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here