ngantuk

Mengemudi di jalan tol memang lebih berisiko ngantuk dibanding mengemudi di jalan raya. Kontur jalan yang lebih lebar dan mulus serta kecepatan kendaraan yang tinggi seakan-akan menjadi obat tidur untuk pengendara. Apalagi di jalan tol Anda hanya bisa menepi dan beristirahat ketika ada rest area.

Bagaimana jika belum melintasi rest area – bagaimana cara menahan kantuk? Inilah salah satu alasan mengapa banyak kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi yang mengantuk.

Maka dari itu. meskipun sudah memiliki asuransi kecelakaan lalu lintas, jangan sepelekan rasa kantuk saat menyetir di jalan tol. Coba terapkan beberapa cara ini untuk mencegah dan mengatasi kantuk saat mengemudi.

Cara Mengatasi Ngantuk saat di Jalan Tol

  • Ketahui jam biologis tubuh

Sebelum melakukan perjalanan, terutama perjalanan jauh, ketahui dulu jam biologis tubuhmu. Jam biologis maksudnya adalah jam secara sederhana dapat diartikan sebagai jadwal kerja organ dalam tubuh, termasuk siklus tidur.

Nah, Anda harus mengetahui kapan saja waktu-waktu Anda biasa mengantuk. Misalnya saja pada saat jam 1 siang, sebaiknya hindari menyetir di jam tersebut karena kemungkinan besar Anda akan mengantuk.

  • Hindari makan terlalu kenyang sebelum mengemudi

Sebelum mengemudi, sebaiknya jangan makan hingga terlalu kenyang. Pasti Anda pun sering merasakan kantuk saat kekenyangan, bukan? Pasalnya, setelah makan, tubuh akan memproduksi berbagai macam hormon untuk mencerna makanan.

Nah, kombinasi dari proses produksi hormon inilah yang akan membuat tubuh merasa ngantuk. Bahkan bukan hanya ngantuk tetapi juga lemas dan lelah.

  • Pasang musik yang ‘semangat’

Kalau biasanya Anda suka mendengarkan musik ‘pelan’, coba ganti dengan musik yang memiliki beat lebih cepat dan bersemangat. Musik melow yang berirama monoton cenderung memicu rasa ngantuk.

Bahkan kalau bisa, putar musik kesukaan yang bisa membuat Anda ikut bernyanyi. Biasanya cara ini mujarab untuk menghilangkan kantuk.

  • Minum air putih yang banyak

Mengonsumsi air putih bermanfaat membuat tubuh terasa lebih segar dan meningkatkan konsentrasi, sehingga rasa kantuk dapat berkurang. Oleh karena itu, pastikan untuk membawa air minum setiap saat Anda berkendara.

Semoga membantu!

Share this to your friends