ban harus segera diganti

Menjaga keamanan mobil tak hanya dilakukan dengan menggunakan asuransi mobil saja, tetapi juga dengan perawatan secara berkala.

Salah satu aspek penting yang perlu perawatan secara rutin adalah ban. Komponen ini sangat penting karena sangat berkaitan erat dengan keselamatan dalam berkendara. Oleh sebab itu, kondisi ban harus selalu dalam kondisi yang prima demi keamanan pengendaranya.

Salah satu cara untuk memastikan kualitas ban adalah dengan menggantinya secara berkala. Meskipun ban sudah dirawat secara maksimal, komponen ini tetaplah memiliki usia pakai dan tetap menggunakannya setelah melewati masa tersebut sangatlah berbahaya.

Namun, bagaimana caranya kita bisa mengetahui bahwa ban sudah waktunya diganti? Berikut ini adalah beberapa tandanya:

Tanda-tanda Ban Mobil Harus Segera Diganti

  1. Kedalaman telapak ban

Permukaan setiap ban memiliki pola telapak tertentu atau yang biasa disebut dengan kembang ban. Kembang ban ini yang memiliki ketebalan tertentu.

Semakin sering digunakan, ketebalan kembang ban ini biasanya akan semakin berkurang. Jika ketebalan kembang ban sudah kurang dari 1,6mm, maka Anda disarankan untuk segera menggantinya dengan yang baru.

  1. Kondisi telapak ban

Kondisi telapak ban juga perlu diperhatikan karena kondisi ban yang sudah aus dapat dilihat secara visual. Ada kemungkinan tingkat keausan ban tidak merata karena tekanan angin yang berlebihan atau justru kurang, spooring roda yang tidak seimbang atau bahkan kerusakan suspense.

Hal ini biasanya terjadi akibat pengereman mendadak pada mobil yang belum dilengkapi sistem rem ABS, sehingga ban hanya aus pada satu titik saja.

Telapak yang tampak seperti terkikis tak rata akibat pemakaian ban yang tidak tepat ini biasanya kerap disebut dengan tread chipping. Biasanya hal ini diakibatkan juga oleh penggunaan kendaraan di atas jalanan yang berbatu-batu atau kasar.

  1. Kondisi dinding ban

Tidak hanya bagian telapak saja, bagian dinding ban juga perlu diperhatikan secara seksama. Biasanya dinding ban menjadi mudah rusak karena tekanan angin yang kurang saat digunakan sehingga dapat muncul benjolan-benjolan pada dinding ban.

Jika ban dengan kondisi ini terus digunakan, selain tidak nyaman juga menghadirkan risiko tinggi ban pecah akibat tak dapat menahan beban dan kecepatan.

Itu dia beberapa aspek seputar ban yang perlu diperhatikan sehingga harus segera diganti dengan yang baru. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here