cek kaki kaki

Bengkel spesialis kaki-kaki adalah salah satu bengkel yang paling sering dikunjungi oleh para pemilik mobil yang ingin memiliki performa mobil yang prima. Karena sektor kaki-kaki adalah hal yang sangat penting untuk menjaga keamanan dan kenyamanan disaat berkendara.

Saya membeli mobil honda city keluaran 2007 setahun lalu di sebuah dealer mobil bekas. Mobil dengan usia lebih dari 10 tahun tentunya memiliki berbagai “penyakit”, tapi untungnya mobil saya ini termasuk mobil bekas yang cukup tua, namun penyakitnya tidak terlalu parah.

Singkat cerita beberapa bulan setelah saya pinang mobil kesayangan, saya merasakan ada masalah pada sektor kaki-kaki, bunyi gluduk-gluduk terdengar setiap kali saya melewati jalan yang sedikit rusak dan saya merasa jarak dari ban belakang ke fender tidak rata alias miring.

Sebagai orang yang sangat awam di dunia otomotif saya memutuskan untuk pergi ke bengkel spesialis kaki – kaki hasil googling. Bertemu lah saya dengan yang namanya Bengkel spesialis kaki – kaki, Uban Jaya Motor.

bengkel kaki kaki

Ganti Per di Uban Jaya

Sebelumnya saya menelpon pemilik bengkel spesialis kaki-kaki uban jaya motor tersebut yaitu Pak Uban. Orangnya sangat ramah dan baik, saya mengeluhkan bahwa per belakang mobil saya miring, lalu beliau menyarankan untuk ganti per belakang. Berangkat lah saya ke sana dan mengikuti saran – sarannya.

Hasilnya tidak ada yang berbeda, mobil saya tetap miring dan kata montirnya, itu karena body mobilĀ  yang miring, bukan karena per-nya dan itu katanya sih biasa di mobil – mobil tipe sedan.

Oke saya terima lah sebagai orang yang bener-bener ga tau apa-apa soal yang beginian. Oh iya, harga untuk ganti per belakang ini adalah 600 ribu sudah termasuk pemasangan dan garansi 1 tahun.

Rekondisi Racksteer dan Ganti Tie Rod

Kemudian saya kesana yang kedua kalinya, kali ini dengan keluhan bunyi gluduk-gluduk atau jedag jedug tapi tidak parah. Pak Uban menyarankan untuk rekondisi racksteer dan ganti tie rod, berhubung saat itu kebetulan abis gajian, berangkatlah neng City saya ke dalam bengkel.

Beres rekondisi racksteer dan ganti tie rod, saya disuruh untuk test drive tanpa ditemani oleh montir atau pak Uban. Saya merasakan tidak ada perbedaan kecuali stir saya yang jadi berat dan power steering yang tidak berfungsi dengan baik.

Balik lagi lah saya ke bengkel, katanya memang begitu kalo habis di rekondisi racksteer. Lagi – lagi saya meng-iya-kan saja karena ya sudah dari awal saya bilang, saya bisa dibilang sangat bodoh untuk urusan begini.

Tagihan yang keluar saat itu 1,2 juta (kalo tidak salah, nanti dicari dulu bon-nya) dengan garansi 1 tahun. Karena hari sudah hampir magrib, dan saya tidak enak juga dengan montir yang kayaknya udah capek, makanya mereka jutek – jutek (atau emang kayak gitu?).

Klaim Garansi Uban Jaya

Saya merasa tidak ada perubahan sama sekali di bunyi2an itu, akhirnya saya balik lagi ke Bengkel spesialis kaki-kaki Uban Jaya Motor untuk klaim garansi.

Saya dan Pak Uban langsung test drive di sekitaran Bintaro, lalu setelah merasakan sendiri, pak Uban kembali berasumsi jika ada kerusakan di AS roda.

Harganya 800rb untuk satu buah, berarti saya butuh keluarin uang lagi sebesar 1,6 juta untuk ganti itu. Tentu saja saya tidak mau, sudah berkurang sedikit kebodohan saya dan sedikit pula isi dompet saya.

Tidak lama kemudian, saya memiliki masalah di bagian per belakang saya yang bunyi “klotok klotok” di jalan rusak, saya kembali kesana dan tidak selesai juga masalahnya. Malah montirnya bilang, “ini bukan aslinya ya?”. LHO, MOHON MAAP ITUKAN ENTE YANG KASIH.

Oh iya, FYI aja nih, mobil saya sangat jarang dipakai, cuma weekend doang dipake, itupun ga setiap weekend. Tipe berkendara saya yang santai, ngebut juga cuma kalo lagi di tol tengah malem.

Conclusion

Saya ingin mempertanyakan gelar “Spesialis” yang digunakan Uban Jaya. Saya telah menggunakan service dari Uban Jaya sebanyak 2 kali dan kira-kira total kesana sebanyak 4 kali, tapi TIDAK ADA SATUPUN permasalahan kaki-kaki saya yang selesai.

Ekspektasi saya sangat besar saat kunjungan pertama, karena embel – embel spesialis kaki-kaki yang tersemat di nama bengkel Uban Jaya. Saya sangat respect kepada Pak Uban selaku owner, beliau ramah dan baik sebagai personal. Tapi sebagai specialis kaki-kaki, saya patut mempertanyakan keahlian beliau.

Tentu saja bengkel “spesialis” kaki – kaki Uban Jaya motor memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:

  1. Garansi 1 Tahun
  2. Buka setiap hari kecuali tanggal 1
  3. Owner ramah
  4. Sudah menangani banyak sekali kasus kerusakan kaki-kaki
  5. Udah itu aja

Dan ini beberapa yang mungkin kekurangan yang harus ditingkatkan oleh Bengkel “spesialis” kaki – kaki Uban Jaya:

  1. Garansi 1 Tahun yang useless
  2. Tidak di test drive terlebih dahulu
  3. Montir tidak ramah
  4. Harga relatif mahal
  5. Barang KW

Garansi 1 tahun yang tidak berguna, karena saat klaim garansi pun masalah tidak selesai, jadi buat apa bolak balik?

Bagaimana kamu tau apa kerusakan kaki-kaki saya tanpa di test drive? Karena orang awam seperti saya sangat sulit untuk menjelaskan keluhan saya secara verbal saja. Miss komunikasi pasti terjadi, akhirnya solusi yang diberikan tidak tepat.

Montir yang tidak ramah dan cenderung menutup diri dari pertanyaan-pertanyaan customer. Saya perlu tahu permasalahan saya ada dimana aja. Biar nantinya saya tahu harus betulin apa lagi

Harga Relatif mahal untuk barang-barang KW, saya mendapatkan AS Roda ORIGINAL seharga 600rb sudah termasuk pasang. Mungkin mahal karena garansi? atau embel-embel spesialis?

Jadi, ada baiknya pertimbangkan sebelum berangkat ke sana. Tanya siapapun yang pernah kesana, apa mobilnya dan apa masalahnya lalu apakah masalahnya selesai. Sebisa mungkin kita mendapatkan informasi yang sangat jelas.

Baca Juga: Penyebab AC Mobil Rusak

Pada akhirnya, saya yang benar-benar sangat awam di dunia otomotif ini meminta maaf sebesar-besarnya kepada Pak Uban atau siapapun yang tidak setuju dengan tulisan ini.

Tidak ada niatan untuk menjelek-jelekan bengkel spesialis kaki-kaki Uban Jaya, tapi saya hanya menjelaskan keresahan saya yang mungkin berguna untuk orang lain yang punya permasalahan mobil yang sama.

Saya jadikan ini sebagai pembelajaran kedepannya, mungkin kalo saya tidak mengalami kejadian ini, saya akan bodoh dalam hal otomotif selamanya.

Jika ada pertanyaan, saran, atau bahkan pengalaman di Bengkel Uban Jaya baik itu yang positif atau negatif, saya sangat menerima di kolom komentar.

Sumber gambar: Google

Share this to your friends