ban mobil

 

Penggunaan asuransi mobil memang membuat hati Anda tenang jika harus memikirkan tentang hal-hal yang tidak diinginkan untuk terjadi, namun kesehatan kendaraan beserta komponen-komponen yang ada di dalamnya juga tetap harus Anda perhatikan demi keselamatan Anda selama berkendara.

Jika berbicara tentang keamanan, salah satu komponen yang sangat amat mempengaruhi hal ini adalah pastinya ban. Bagaimana tidak, ban adalah satu-satunya komponen mobil yang langsung bersentuhan dengan jalanan.

Komponen mobil yang satu ini memang sangat harus diperhatikan untuk mengetahui kapan harus mengganti dengan yang baru. Pasalnya, ban kendaraan memang harus rutin diganti secara berkala.

Selain penggantian yang dilakukan secara berkala, masih ada lagi beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berkendara agar ban kendaraan Anda awet. Simak artikel ini untuk mengetahuinya lebih lanjut.

  1. Isi angin

Kurangnya tekanan angin ban pada saat berkendara akan sangat berpengaruh pada kesehatan ban dan juga keselamatan Anda. Bagaimana tidak, jika kondisi ban yang kurang angina dipaksa untuk terus bergerak dan bergesekkan dengan jalanan akan semakin cepat penggundulan ban itu untuk terjadi. Jika ban sudah gundul, kekuatan ban itu untuk mencengkeram permukaan jalanan juga pastinya akan berkurang dan hal ini dapat menyebabkan terselipnya ban pada saat Anda menginjak rem.

  1. Kurangi beban

Terlalu banyaknya beban yang ditahan oleh kendaraan juga pastinya mempengaruhi ban. Layaknya kaki manusia, ban adalah satu satunya komponen yang menahan beban tubuh mobil. Semakin berat beban yang ditumpu oleh ban, semakin berat pula kinerja gesekkannya di permukaan jalan.

  1. Kondisi Jalanan

Kondisi jalanan yang rusak atau penuh dengan kerikil-kerikil tajam pastinya akan mempengaruhi kesehatan permukaan ban kendaraan Anda. Hindarilah jalanan yang sekiranya rusak atau berlubang karena pinggiran lubang yang  ada di jalanan bisa saja memiliki pinggiran yang cukup tajam sehingga dapat merusak kesehatan ban itu sendiri.

  1. Spooring dan Balancing

Mobil yang bannya jarang di-spooring atau balancing, biasanya jadi cepat botak. Karena kadang pemilik mobil tidak tahu itu bannya sudah presisi atau masih miring. Jika hal itu terjadi, ban yang tidak presisi akan sangat berpotensi membuat ban menjadi botak di sebagian saja.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda perhatikan demi kesehatan dan ketahanan ban kendaraan Anda. Jangan lupa juga untuk mengemudi dengan baik dana man. Semoga bermanfaat!

Share this to your friends