the demon eyes

 

Memiliki mobil dengan bodi yang rapi dan cat yang masih utuh merupakan suatu kebanggaan bagi pemiliknya. Itulah sebabnya, banyak pemilik mobil yang lebih memilih asuransi kendaraan bermotor jenis All Risk untuk melindungi mobil kesayangannya.

Sebab, asuransi ini akan menanggung biaya perbaikan mobil seandainya terjadi musibah kecelakaan baik kecil maupun besar yang menyebabkan munculnya kerusakan.

Sayangnya, meskipun sudah berusaha dijaga dengan baik, ternyata ada satu masalah yang terkadang sulit dihindari, yaitu warna cat mobil yang cepat sekali kusam dan pudar.

Anda pasti berpikir, kenapa bisa begitu ya? Padahal mobil sudah rajin dicuci agar selalu bersih dan catnya terjaga.

Tidak perlu bingung, berikut ini adalah beberapa penyebab cat mobil mudah pudar, yaitu:

Penyebab cat mobil mudah pudar

  • Perubahan suhu

Mobil yang sering diparkir di luar, catnya akan lebih cepat pudar. Sebab terjadi perubahan suhu yang cukup ekstrem dari tinggi ke rendah maupun sebaliknya.

Misalnya saja ketika siang hari matahari sedang bersinar dengan terik dan tiba-tiba turun hujan. Selain itu, mobil yang diparkir di luar pada malam hari ada kemungkinan akan berembun akibat ketidakseimbangan suhu di dalam dan luar mobil. Jika embun ini tidak dibersihkan saat pagi hari, maka akan mempercepat kerusakan cat.

  • Kualitas air

Air memang bisa bermanfaat untuk membersihkan kotoran yang menempel pada body mobil. Namun waspadalah, karena jika air yang digunakan memiliki kandungan garam yang cukup tinggi, justru bisa menyebabkan cat mobil memudar leih cepat.

Ada baiknya jika Anda menghindari mencuci mobil di area yang dekat dengan pantai atau laut, karena biasanya air di area tersebut memiliki kandungan garam yang tinggi. Selain itu, pastikan untuk mengeringkan keseluruhan body mobil hingga benar-benar kering setelah mencucinya.

  • Kualitas sabun

Selain kualitas air, kualitas sabun yang Anda gunakan untuk mencuci mobil juga sangat berpengaruh pada keawetan warna cat mobil. Jika Anda ingin warna cat mobil awet, selalu cuci mobil menggunakan sabun khusus untuk mobil karena pHnya telah disesuaikan dengan kadar yang aman untuk cat mobi.

Hindari menggunakan sabun colek atau deterjen karena kedua sabun tersebut bisa menyebabkan timbulnya kerak atau bahkan menyebabkan cat mobil terkelupas.

  • Kotor

Mobil yang dibiarkan kotor dalam waktu yang lama juga bisa mengalami masalah pemudaran cat. Sebab kotoran yang telah lama menempel akan semakin sulit untuk dibersihkan sehingga berisiko merusak cat. Apalagi jika kotoran yang menempel termasuk lengket dan memang sulit untuk dibersihkan seperti getah.

Nah, sudah tahu dong apa saja penyebab cat mobil cepat kusam atau pudar? Mulai sekarang perhatikan beberapa hal di atas agar cat mobil terus terlihat bersih dan cerah, ya!

Share this to your friends