fbpx
Bagikan

Meskipun pembaruan di bidang truk telah dilakukan oleh berbagai produsen kendaraan niaga, tak sedikit pula pengusaha yang memilih untuk membeli truk bekas. Harga yang terbilang terjangkau dengan kualitas mumpuni menjadi salah satu alasan mengapa opsi ini cukup populer. Tak hanya itu, walaupun bekas, truk juga bisa di-upgrade dengan berbagai teknologi terkini, salah satunya dengan manajemen telematics fleet dari PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors. Sistem ini akan memungkinkan Anda para pengusaha untuk memantau lokasi kendaraan secara real-time sekaligus mengecek rute serta kecepatannya. Tentunya, truk bekas pun menjadi lebih efisien nan ekonomis, bukan?

Namun demikian, sebelum Anda membeli truk bekas, ada beberapa pengecekan yang sebaiknya dilakukan, yakni:

Pengecekan Saat Membeli Truk Bekas

  1. Pertama dan terutama, yang perlu Anda cek adalah bagian kondisi mesinnya. Pastikan tidak ada rembesan oli dan suara mesin diesel masih bagus. Jika Anda memang masih awam dengan kondisi mesin truk, Anda bisa membawa montir untuk membantu mengecek kondisi mesinnya. Bagian yang perlu diperiksa di antaranya adalah tidak adanya rembesan oli, tidak ada suara kasar saat mesin dinyalakan, dan tidak ada bagian yang berkarat. Jika ingin lebih detail lagi, Anda bisa juga memeriksa beberapa komponen penting mobil seperti ban atau onderdil lainnya. Jangan sampai, bagian ini justru menjadi penyebab truk harus berhenti secara berkala ketika melakukan perjalanan jauh.
  2. Kondisi chasis (sasis). Selain kondisi mesin, kondisi chasis atau sasis truk merupakan area yang perlu dicek. Pastikan jika sasis truk masih lurus, tidak bengkok, dan dalam kondisi prima. Periksa juga permukaannya untuk memastikan jika tidak ada bagian yang keropos. Sebagai pondasi terkuat di truk yang bertugas untuk menahan barang bawaan ke depannya, sasis harus kokoh termasuk bagian dudukan per-nya.
  3. Surat-surat. Selanjutnya, penting juga untuk mengecek kelengkapan dan keaslian dari surat-surat truk bekas yang ingin Anda beli. Pastikan jika nomor rangka dan nomor mesin sesuai dengan di surat BPKP dan STNK. Pasalnya, tak sedikit truk bekas yang memiliki nomor rangka berbeda dengan yang ada di surat. Hal ini disebabkan karena pemilik mengganti chasis, namun lupa untuk mengganti nomor rangka.

Nah, itu dia tiga hal utama yang sebaikanya dicek sebelum membeli truk bekas. Silakan diterapkan dan semoga bermanfaat, ya!

Bagikan