cruise control

Kecelakaan terkadang tidak bisa dihindari. Itulah sebabnya, banyak yang berusaha meminimalis risiko kerugian finansial saat terjadi kecelakaan dengan menggunakan asuransi mobil.

Dengan perlindungan asuransi, setidaknya Anda tidak lagi khawatir mengenai biaya perbaikan mobil saat terjadinya kecelakaan. Selain melindungi kendaraan, ada satu hal lagi yang tak kalah penting yaitu memahami fitur kendaraan khususnya fitur keamanan dalam berkendara.

Yap, untuk mengurangi angka kecelakaan atau meminimalis risiko dampaak yang terjadi, produsen mobil memang telah berusaha melengkapi mobil produksinya dengan berbagai fitur canggih, salah satunya yaitu cruise control.

Lalu, apa sih kegunaan dari fitur ini? Berikut ini adalah penjelasannya!

Fungsi Fitur Cruise Control

Fitur cruise control adalah fitur khusus yang ada pada mobil untuk menjaga kecepatan tetap konstan. Itulah sebabnya fitur ini juga sering disebut speed control.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda hanya perlu memacu kecepatan hingga batas yang diinginkan. Misalnya Anda ingin berada pada kecepatan 50km/jam, maka injak pedal gas hingga keccepatan tersebut dan aktifkan fitur ini. Secara otomatis, kecepatan mobuil Anda akan konstan berada pada angka tersebut meskipun Anda tidak menginjak pedal gas.

Fitur ini sangat bermanfaat untuk Anda yang harus menempuh perjalanan panjang dan melelahkan. Setidaknya, kaki Anda bisa beristirahat karena tidak perlu terus-terusan menginjak pedal gas. Namun, ada batas kecepatan minimum yang diterapkan oleh produsen mobil.

Biasanya kecepatan kurang dari 40km/jam tidak akan bisa menggunakan fitur ini. Itulah sebabnya, fitur ini hanya bisa digunakan ketika Anda berada di jalan yang kosong atau jalan bebas hambatan (tol).

Hmm, mungkin Anda berpikir, lalu bagaimana jika tiba-tiba ada kendaraan melintas di depan kita?

Tenang saja, fitur ini pada umumnya juga sudah dilengkapi dengan pengaman tambahan berupa kemampuan untuk mengerem secara otomatis ketika ada sesuatu di depan kendaraan. Jadi Anda akan aman dari kemungkinan mengalami tabrakan.

Meskipun begitu, bukan berarti Anda bisa lengah ya! Ada baiknya jika Anda tetap berkonsentrasi penuh terhadap kondisi sekitar saat menggunakan fitur ini. Jadi, Anda bisa mengatasinya dengan cara yang tepat dan aman saat terjadi situasi di luar kendali Anda. (Vita)

Share this to your friends