fbpx
Bagikan

Masa new normal di ibu kota sudah membolehkan perkantoran untuk beroperasi dalam shift. Artinya, masa WFH telah usai dan Anda perlu kembali berangkat ke kantor. Anda yang memiliki kendaraan pribadi seperti motor tentu cukup beruntung karena tidak perlu antre berpuluh-puluh menit dengan pekerja-pekerja lain sebelum menaiki transportasi umum. Meski begitu, tanggung jawab kesehatan motor Anda seperti membekalinya dengan oli motor terbaik di Indonesia tidak bisa Anda abaikan begitu saja.

Selain itu, ada beberapa hal penting lain yang perlu Anda persiapkan sebelum berkendara dengan sepeda motor menuju kantor Anda. Apa sajakah hal-hal yang dimaksud? Simak ulasannya dalam paragraf berikut.

Persiapan Berkendara Motor di Era New Normal

  • Periksa kelayakan kendaraan.

Mengutip rekomendasi seorang manager safety riding dalam portal berita Pikiran Rakyat, hal pertama yang perlu Anda persiapkan sebelum berkendara ke kantor dengan sepeda motor adalah memeriksa kelayakan kendaraan. Anda bisa memulainya dengan mengecek oli—apakah masih layak pakai atau adakah kebocoran di tangkinya—dan tekanan masing-masing ban, juga memeriksa sistem pengereman, kopling, dan lampu. Jika Anda merasa tidak bisa menyelesaikan ini semua secara mandiri, ada baiknya Anda membawa motor Anda ke bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh.

  • Persiapkan kelengkapan diri

Berkendara sendiri memang akan mengurangi intensitas Anda berpapasan dengan banyak orang. Akan tetapi, bukan berarti hal tersebut bisa melindungi Anda sepenuhnya dari paparan virus COVID-19. Maka dari itu, penting sekali untuk Anda mempersiapkan kelengkapan diri untuk berkendara seperti masker kain, sarung tangan full cover, jaket, helm, serta jas hujan. Upayakan untuk membiarkan kulit tubuh Anda tertutup sehingga tidak berkontak langsung dengan udara di jalanan.

  • Sedikan perlindungan cadangan

Selain melakukan dua poin di atas, Anda perlu juga mempersiapkan perlindungan cadangan seperti masker untuk di dalam gedung dan ruang kantor. Jangan gunakan masker yang Anda pakai saat berkendara di dalam ruang kerja Anda, ya. Sebab, masker tersebut pasti sudah kotor oleh debu selama Anda melakukan perjalanan. Ingat untuk menggunakan helm pribadi dan tidak menggunakan secara bergantian dengan anggota keluarga Anda sekalipun untuk memperkecil kemungkinan terkena paparan virus.

Itulah dia 3 hal yang perlu Anda perhatikan dan persiapkan sebelum berkendara dengan sepeda motor ke kantor. Semoga informasi di atas berguna, ya.

Bagikan