fungsi oli mobil

Memang, ada banyak sekali jenis oli yang bisa dipakai untuk kendaraan seperti  oli diesel, oli mesin, dan oli transmisi pada motor matic dan manual serta mobil dengan transmisi matic dan manual.

Namun, kali ini yang akan kita bahas adalah oli mesin. Anda tentunya sangat tau betul oli mesin ini, kan? Ya, oli mesin merupakan salah satu jenis oli yang kerap digunakan untuk melumasi sekaligus mendinginkan komponen mesin dalam kendaraan seperti sepeda motor, misalnya.

Fungsi Oli Mesin

Selain digunakan untuk mendinginkan serta melumasi, oli mesin ini juga memiliki fungsi lain, misalkan (source: otomotifinfo.com)

  1. Sebagai pembersih. Salah satu fungsi oli mesin adalah sebagai cairan pembersih. Melansir dari com, komponen yang dilalui oli seperti misalnya bagian metal, dinding silinder, dan bagian lainnya sangat rentan terhadap kotoran. Nah, semua kotoran yang menempel pada bagian-bagian tersebut dibersihkan kembali oleh oli yang bersih. Untuk itu, perlu dilakukan pergantian oli agar pembersihan bekerja secara optimal.
  2. Perapat. Di samping itu, oli mesin pun sangat bermanfaat untuk merapatkan komponen-komponen mesin pada kendaraan. Di mana, ketika oli bersirkulasi maka cairan tersebut membentuk lapisan. Lapisan inilah yang membantu merapatkan celah pada komponen mesin kendaraan. Misalnya, merapatkan bagian ring piston dan silinder sehingga dapat mencegah terjadinya kebocoran. Dengan begini, tentu tenaga yang dihasilkan akan jauh lebih maksimal.
  3. Penyerap panas. Sudah menjadi hal lazim, jika saat menghidupkan mesin kendaraan akan menghasilkan panas. Nah, temperatur panas yang dihasilkan ini diserap langsung oleh oli yang bersirkulasi. Penyerapan ini dapat membantu menjaga temperatur mesin agar tetap dingin dan mencegah mesin mengalami keausan sehingga membuat performa kendaraan tetap prima.
  4. Pencegah karat. Oli mesin juga berfungsi sebagai pencegah munculnya karatan pada permukaan logam di mesin kendaraan. Oli mesin ini membantu menutupi permukaan metal pada komponen mesin sehingga membuat komponen tersebut terbebas dari yang namanya oksidasi, salah satu penyebab timbulnya karatan pada mesin kendaraan. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan oli mesin agar tidak timbul karatan tersebut.

Itu dia berbagai fungsi oli mesin yang sangat berguna untuk kendaraan. Semoga bermanfaat, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here