fbpx
Bagikan

Jika Anda pernah ganti oli mobil dengan Idemitsu pasti tahu bahwa oli kendaraan beroda empat bukan hanya oli mesin. Ya, jenis cairan pelumas lain yang bisa diganti secara mandiri adalah oli transmisi (persneling). Sebagaimana kita ketahui bersama, di pasaran ada dua jenis transmisi mobil, yakni transmisi manual dan matic. Yang manakah jenis mobil Anda? Serta sudah tahukah Anda apa perbedaan dari oli untuk keduanya? Jika belum simak ulasannya dalam artikel berikut!

Perbedaan Oli Transmisi Manual dan Oli Transmisi Matic

Oli transmisi manual

Pelumas untuk mobil bertransmisi manual memiliki kekentalan yang cukup tinggi. Hal ini membuat perpindahan persneling dari satu gigi ke gigi lain cukup sulit dilakukan, terutama di cuaca dingin. Untuk mengatasi masalah ini, banyak pemilik mobil manual sengaja mengakalinya dengan menggunakan oli transmisi matic. Alasannya ialah agar kendaraan jadi lebih ringan dan mudah dikendarai.

Oli transmisi matic

Mengutip laman Kompas.com, secara umum mobil dengan transmisi matic terbagi dalam 4 jenis, yaitu hydraulic automatic transmission (AT), continuous variable transmission (CVT), dual clutch transmission (DCT), dan automated manual transmission (AMT). Maka dari itu, untuk menentukan oli mana yang cocok dengan mobil matic yang dimiliki, sepatutnya pemilik kendaraan membaca petunjuk mobil yang diberikan oleh manufaktur.

Berkebalikan dari seri manual, oli transmisi matic cenderung lebih cair dan punya warna yang terang seperti merah atau hijau. Hal ini dimaksudkan agar oli mudah dikenali ketika ada kebocoran di pelat atau tempat oli transmisi berada. Sebab, kebocoran oli transmisi bisa berdampak buruk untuk kendaraan. Alasan lain penggunaan warna terang adalah untuk menghindari kesalahan pemilihan oli untuk tiap jenis transmisi yang sudah disebutkan di atas.

Menentukan oli transmisi kendaraan

Untuk menentukan oli transmisi yang paling pas dengan mobil Anda, tentu Anda perlu merujuk pada buku petunjuk yang diberikan oleh manufaktur mobil Anda. Sebab, setiap produsen kendaraan memiliki preferensi atau ketentuan tersendiri. Yang perlu diingat adalah Anda tidak bisa sembarangan memilih oli transmisi untuk kendaraan Anda. Sebab, melakukan ini akan merusak komponen transmisi mobil Anda. Biarpun mobil manual bisa menggunakan oli transmisi mobil matic, ada baiknya untuk tetap mengikuti buku petunjuk, ya.

Demikianlah ulasan tentang perbedaan oli transmisi manual dan matic. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan Anda, ya.

Bagikan