head unit mobil

Berkendara menggunakan mobil pribadi terasa kurang lengkap jika di dalam mobil tidak terdapat audio. Memang, kelihatannya tidak terlalu penting, namun bagi beberapa orang menaggapnya audio bisa memberikan kenyamanan saat berkendara, bahkan memberikan ketenangan saat mengemudikan mobil.

Memang, pada mulanya audio pada mobil hanya dilengkapi keterbatasa fitur, seperti radio dan cassete player. Tetapi seiring berkembangnya teknologi saat ini, pada mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi berbagai fitur cangih.

Fitur apa saja yang disematkan dalam audio tersebut? Ketimbang penasaran, berikut Fitur Kekinian Pada Audio Mobil yang pastinya sangat memanjakan penggunanya. simak ulasan lengkapnya.

  • Voice command

Fitur ini memungkinkan pengemudi bisa mengoperasikan menu yang ada di audio hanya dengan perintah suara saja. Sebagai contoh jika pengemudi ingin memainkan radio, maka pengemudi cukup mengucap kata ” radio”, otomatis radio dalam mobil Anda akan “play” dengan sendirinya tanpa menyentuh tombol apapun pada head unit audio.

  • Navigasi

Fitur navigasi bermanfaat untuk mengindikasikan rute, lokasi terdekat, atau posisi koordinat kendaraan Anda saat ini. Dengan fitur navigasi yang sudah terintegrasi dengan audio mobil, pengemudi akan sangat terbantu saat berada pada lokasi yang belum pernah dilewati sebelumnya.

  • Bluetooth

Fitur bluetooth memungkinkan audio mobil bisa terhubung dengan gadget pengemudi. Sebelum menggunakan fitur ini, terlebih dahulu aktifkan fitur bluetooth di gadget dan audio, lalu lakukan pairing atau pengenalan keduanya. Ketika pairing telah berhasil, maka fitur bluetooth bisa digunakan. Salah satu fungsinya adalah untuk menerima panggilan telepon. Beberapa jenis audio mobil dapat memainkan file audio yang ada di dalam gadget secara wireless.

  • Wifi receiver

Dengan fitur wifi receiver yang ada dalam audio mobil, pengemudi dapat menyambungkan koneksi internet. Fitur tersebut sangat berguna bagi  penumpang untuk terhubung ke sosial media atau sekedar browsing. Pastikan koneksi wifi audio dan gadget sudah dikaitkan terlebih dahulu dan sudah di pairing.

  • Aux in dan USB

Dengan fitur aux in dan USB, pengemudi memiliki keleluasaan ketika akan menghubungkan gadget dengan audio kendaraan. Ini memungkinkan pengemudi bisa memainkan file audio, video yang tersimpan di gadget maupun flashdisc ke unit audio.

  • Air gesture

Fitur air gesture akan mempermudah pengemudi ketika akan memindah menu tanpa menyentuh tombol atau layar audio. Saat fitur air gesture aktif, pengemudi tinggal menggerakkan tangan ke kanan atau ke kiri di depan sensor, maka menu atau tampilan pada audio akan berubah.

  • Gesture guide

Menu audio terkadang bisa dioperasikan dengan meletakkan jari ke layar, kemudian menggerakkan ke arah atas & bawah atau ke arah kanan & kiri. Fitur ini disebut gesture guide. Beberapa audio mobil membekalkan fitur ini untuk mempermudah dalam memillih menu. Tersedia pilihan menu gesture guide, mulai dari satu jari hingga 4 jari.

  • Layar touch screen

Audio mobil saat ini sebagian besar sudah dilengkapi oleh layar sentuh (touch screen). Layar tidak hanya sebagai output atau tampilan, namun juga berfungsi sebagai tombol. Fitur ini menawarkan sensasi yang sedikit berbeda dibanding tombol sesungguhnya. Beberapa type audio dapat memperlihatkan tampilan keyboard dilayar, sehingga pemakai bisa menuliskan sesuatu seperti pesan sms.

  • Teknologi DLNA (digital living network alliance)

Dengan teknologi DLNA, file yang ada dalam gadget (foto, audio, dan video) dapat dimainkan di audio kendaraan. Pengguna hanya perlu mengkoneksikan gadget dengan audio mobil (melalui jaringan wifi). Jika telah terhubung, file yang tersimpan di gadget akan diperlihatkan pada layar audio mobil untuk dapat Anda mainkan.

Nah, Hal-hal tersebut diatas merupakan Fitur Kekinian Pada Audio Mobil yang saat ini sudah banyak dibekalkan pada tipe mobil terbaru. Setiap jenis dan grade kendaraan memiliki kelengkapan yang berbeda. Silahkan tanyakan ke dealer atau sales marketing mobil terkai. Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here