cara meningkatkan performa mobil

Mobil bisa dikatakan sebagai satu barang mewah yang dilengkapi dengan segudang fitur dan teknologi canggih, seperti wirless charging, SRS Air Bags, Sliding doors hingga fitur kenyamanan saat berkendara.

Untuk membuat mobil tersebut semakin menarik, modifikasi menjadi pilihan utama bagi pemilik kendaraan, mulai dari modifikasi ringan memberikan sedikit stiker, tanpa merubah komponen apapun, hingga modifikasi ekstrim yang bahkan sampai merubah body mobil.

Sebenarnya tujuan utama dari modifikasi mobil pada umumnya untuk membuat penampilan mobil menjadi lebih menarik dan berbeda dengan mobil pada umumnya, namun, mereka melupakan kenyamanan dan performa mesin yang terabaikan.

Nah, jadi percuma kan? Lalu bagaimana cara agar performa mesin meningkat? Jangan khawatir, berikut ini ada beberapa Cara Sederhana Meningkatkan Performa Mobil yang mungkin bisa Anda terapkan pada mobil kesayangan. Simak ulasan lengkapnya.

  • Sistem pengapian yang baik

Proses pengapian menyangkut sejumlah part atau komponen penting seperti, filter udara, pipa udara dan sebagainya. Dengan demikian, jika pada system pengapian sudah dirasa sempurna, otomatis performa mesin akan meningkat.

  • Memperbaiki sistem pembuangan

Sistem pembuangan ini mencakup permasalahan pada knalpot, Anda dapat memakai knalpot racing untuk menambah daya yang didapatkan mesin, sebab knalpot racing tergolong kedalam jenis free flow.

Knalpot jenis racing tersebut, sekat di dalam silencer lebih sedikit atau bahkan tidak ada, fungsinya ialah agar melancarkan proses pembuangan sisa pembakaran, sehingga pembakaran menjadi efektif.

Sebenarnya pemakaian knalpot racing ini memiliki beberapa resikonya, yakni suara yang bising dan mesin cepat rusak dikarenakan timbal balik dari proses pembuangan tinggi yang mengakibatkan part-part yang terdapat di dalam mesin menjadi cepat aus, sebetulnya knalpot racing tersebut dipakai pada mobil balap untuk menambah power mesin.

Jika Anda tetap ingin menggunakan knalpot tersebut, usahakan cari yang silencernya bagus dan berkualitas, ciri-cirinya suara yang didapatkan dari knalpot tidak terlampau keras atau lebih langsam.

Ada satu lagi yang perlu diperhatikan pada sistem pembuangan yaitu lekukan pada selang knalpot usahakan tidak terlampau banyak, supaya tidak menghambat proses pembuangan sisa pembakaran.

  • Menggunakan bahan bakar kualitas tinggi

Bahan bakar (BBM) perlu diperhatikan, pilihlah bahan bakar dengan oktan tinggi seperti pertamax atau pertamax plus, sebetulnya mobil-mobil keluaran baru sudah menyarankan menggunakan bahan bakar yang memiliki oktan tinggi sebab part-part dari mesin mobil baru lebih canggih dan lebih presisi sehingga lebih disarankan menggunakan bahan bakar yang baik.

Dengan memakai bahan bakar yang baik akan menambah performa mesin mobil Anda serta dapat membuat mesin menjadi lebih awet, dikarenakan proses pembakaran yang lebih efektif.

  • Berat mobil dan ukuran ban

Pada bagian ban dianjurkan memakai ban yang mempunyai alur sejajar dan lurus. Hal ini untuk menambah akselerasi mobil Anda menjadi lebih cepat. Di samping alur ban, Anda juga bisa memilih ukuran ban yang lebih kecil dan pelek yang ringan, tujuannya supaya mesin tidak terlampau berat bekerja dalam memutar ban.

Coba lihat saja pada kendaraan drag, mereka menggunakan ban yang lebih kecil dan pelek yang lebih ringan, hal tersebut bertujuan supaya proses akselerasi jadi lebih cepat dan hanya membutuhkan tenaga mesin kecil untuk menjangkau kecepatan tinggi.

  • Setting ulang mesin mobil

Proses pembakaran dapat Anda setting supaya power yang didapatkan lebih efektif dan daya yang dikeluarkan dapat disalurkan ke bagian mesin lain dengan baik, pada kendaraan lama yang belum memakai sistem injeksi, seringkali proses setting masih manual.

Namun pada kendaraan baru yang sudah menerapkan sistem injeksi dan turbocharged atau supercharged proses dilakukan dengan memakai komputer sebab komponen-komponen yang bertugas dalam mengatur bahan bakar dan udara sekitar proses pembakaran telah diatur oleh peralatan canggih, proses setting dengan memakai komputer tersebut biasa dinamakan dengan reflash

Nah, demikian tadi beberapa ulasan singkat mengenai Cara Sederhana Meningkatkan Performa Mobil yang dapat disampaikan kali ini.

Diharapkan ulasan di atas bisa menjadi referensi positif bagi Anda yang ingin meningkatkan performa mesin mobil kesayangan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here