ac mobil

 

Untuk menunjang kenyamanan ketika berkendara, AC mobil seringkali dinyalakan oleh pengendara. Sebab menyetir dengan udara di kabin yang dingin tentunya akan lebih nyaman dibanding harus berpanas-panasan.

Tak peduli dengan jenis kendaraannya, entah itu mobil van, mobil pribadi, atau mobil truk logistik, kendaraan yang dilengkapi AC pastinya akan lebih menyenangkan, kan?

Agar AC mobil tetap bisa berfungsi secara optimal, jangan lupa hindari beberapa kebiasaan ini. Di antaranya:

  1. Merokok di dalam mobil. Ketika rasa kantuk melanda, banyak pengemudi yang memilih untuk merokok sambal menyetir. Pasalnya, merokok ditengarai bisa membuat pengemudi terjaga dan juga lebih siaga dalam menghadapi jalan. Nah, ternyata kebiasaan ini bisa merusak AC kendaraan Anda. Meski jendela dibuka ketika Anda merokok, asap dan debunya bisa ikut tertiup angin dan masuk ke dalam filter. Alhasil, filter pendingin pun kotor dan mengurangi efektivitas AC.
  2. Membiarkan jendela terbuka saat AC menyala. Tak jarang Anda membuka jendela tanpa disadari ketika AC tengah menyala. Hal ini biasa dilakukan ketika udara di luar lebih sejuk dibanding pendingin mobil. Namun demikian, ternyata hal ini bisa membuat kinerja kompresor menjadi lebih berat dan jika didiamkan terus menerus akan membuat AC rusak.
  3. Menggunakan pengharum mobil gel. Sekarang ini, ada banyak sekali pengharum mobil yang beredar di pasaran mulai dari yang berbentuk cair, padat, hingga yang gel. Sebaiknya hindari pengharum mobil yang terbuat dari gel karena gel bisa berubah menjadi gas dan menguap. Nah, ketika AC dinyalakan dan kabin berubah menjadi dingin, uap tersebut bisa kembali lagi ke bentuk gel dan berisiko menghambat filter serta evaporator dalam AC.
  4. Mematikan mesin dalam kondisi AC masih menyala. Terburu-buru mematikan mesin mobil tanpa mematikan AC terlebih dahulu juga akan mempercepat kerusakannya. Sebab hal ini akan memengaruhi kelistrikan AC. Ketika Anda mematikan mobil tanpa mematikan AC, maka AC akan otomatis menyala ketika mesin dinyalakan. Alhasil, aki akan bekerja ekstra keras dan membuat arus listri menjadi kurang stabil.

Itu dia beberapa kebiasaan yang bisa merusak AC mobil Anda tanpa disadari. Silakan dihindari agar AC mobil Anda lebih awet dan tahan lama, ya. Semoga membantu dan selamat mencoba!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here