asap knalpot mobil

Polusi udara di tengah kota memang sudah menjadi hal yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Salah satu penyebab utama dari kotornya udara yang sangat amat mengganggu ini pastinya berasal dari asap kendaraan.

Memang, mengeluarkan asap adalah hal yang lumrah dari penggunaan setiap kendaraan. Namun terkadang pasti Anda pernah melihat kendaraan motor ataupun mobil yang mengeluarkan asap berlebihan dari knalpotnya, atau mungkin kendaraan Anda juga mengalami hal yang sama?

Penggunaan oli berkualitas memang pasti berpengaruh besar dalam kinerja mesin kendaraan Anda agar selalu dalam kondisi sehat dan nyaman sehingga asap yang diproduksi juga tidak terlalu banyak.

Namun, jika kendaraan Anda mengalami hal serupa, mengeluarkan terlalu banyak asap, walaupun sudah menggunakan oli dengan kualitas yang baik, pasti sangat menyebalkan bukan? Tapi ternyata faktor yang menyebabkan pengeluaran asap yang banyak tidak hanya dari oli saja, lho. Ini dia beberapa faktor penyebabnya.

  1. Liner silinder tergores

Liner silinder merupakan komponen yang terdapat di bagian blok mesin dan berfungsi sebagai pelindung bagian dalam silinder blok dari gesekan piston.

Pada saat mesin dinyalakan, kepala piston bergerak maju-mundur atau naik-turun dapat menimbulkan goresan pada liner silinder, luka ini dapat menjadi celah bagi oli mesin untuk masuk ke ruang bakar.

Dengan masuknya oli dan terbakarnya oli pada proses pemmbakaran, oli ini dapat menjadi penyebab asap yang pekat. Untuk mengatasinya, Anda harus menambahkan ukuran atau oversizing. Proses ini tapi harus dilakukan bersamaan dengan penggantian piston dan ring piston.

  1. Piston dan ring piston aus

Piston adalah mesin yang berfungsi sebagai penekan udara masuk dan penerima tekanan hasil pembakaran ada ruang pembakaran. Piston dan ring piston dapat aus karena faktor usia pakai atau perawatan yang tidak baik.

Bila keduanya rusak maka kemampuan kompresi dapat emnurun sehingga oli dapat bocor ke ruang bakar. Untuk menanggulanginya Anda harus mengganti keduanya.

  1. Seal klep bermasalah

Pada umumnya, klep motor yang berumur lebih dari lima tahun sangat rawan untuk mengalami masalah. Bila seal klep ini rusak, maka oli yang melumasi piston akan merembes ke ruang pembakaran sehingga oli mengalami proses pembakaran yang dapat mengeluarkan asap pekat dari knalpot.

Itu dia beberapa penyebab umum dari asap kendaraan yang pekat. Semoga bermanfaat!

Share this to your friends