mobil terbakar

 

Meski sudah menggunakan oli mobil terbaik, terkadang tetap saja masalah datang di waktu yang tak terduga. Kalau masalah masih bisa ditangani mungkin tidak apa-apa.

Akan tetapi, ada beberapa masalah mobil yang bisa berujung fatal. Bahkan kemungkinan terburuknya, mobil dapat terbakar. Bukannya menakut-nakuti, tetapi risiko ini bisa terjadi pada siapa pun.

Bisa juga risiko ini dialami oleh mobil di sekitar Anda. Jika tidak merespon dengan cepat, maka mobil Anda pun juga bisa ikut terbakar. Untuk itu, segera lakukan hal ini ketika ada kendaraan lain yang terbakar saat berkendara:

  • Jaga jarak dengan kendaraan lain

Jangan panik, jika Anda merasa ada asap yang keluar dari kap mobil di dekat Anda, yang harus Anda lakukan pastinya adalah menjaga jarak dengan kendaraan tersebut untuk menghindari energi panasnya.

  • Matikan mesin

Jika Anda berada dalam situasi kecelakaan yang parah dan sudah tidak bisa menjaga jarak dengan mobil tersebut, sebaiknya segera matikan mesin dan tinggalkan kendaraan Anda.

Jangan berpikir dua kali karena sayang meninggalkan kendaraan. Sebab nyawa Andalah taruhannya. Segera matikan mesin dan tinggalkan kendaraan untuk menghindari risiko tersebarnya api dan meledakkan kendaraan.

  • Selamatkan diri

Tinggalkan mobil dalam jarak yang cukup jauh agar Anda tak terkena ledakan atau api jika sewaktu-waktu mobil Anda ikut terbakar.

Setelah Anda berada di tempat yang aman, segera minta bantuan pemadam kebakaran dan tenaga medis untuk menolong Anda atau korban lain yang terluka.

  • Waspada selalu

Waspadalah selalu dan jangan bertindak ceroboh. Sebaiknya hindari kendaraan yang terbakar meskipun kondisi api kecil. Jika Anda ingin memadamkan api, pastikanlah dilakukan dengan tepat dan didampingi oleh profesional. Jangan sampai niat baik Anda justru jadi malapetaka.

Jika Anda ingin mengambil barang bawaan di dalam kendaraan yang masih bisa diselamatkan, pastikan juga bahwa kondisi sudah benar-benar aman dan tak ada lagi api yang menyala.

Semoga tidak ada yang pernah mengalami kebakaran mobil seperti di atas, tetapi tak ada salahnya kalau menyiapkan diri terhadap kemungkinan-kemungkinan terburuk demi keselamatan diri. Semoga membantu! (Rima)

Share this to your friends