ban motor isi nitrogen

 

Jika ingin merawat motor dengan maksimal, bukan hanya mesin motor saja yang perlu dirawat. Selain menggunakan oli motor terbaik, Anda juga harus memerhatikan kualitas angin untuk ban motor.

Nah, biasanya jika hendak isi angin ban motor, Anda menggunakan nitrogen atau angin biasa? Kedua angin ini tentunya memiliki efek yang berbeda pada motor Anda.

Pernahkah Anda mencari tahu apa saja kelebihan angin nitrogen dibanding angin ban biasanya? Ini dia nilai plus yang mungkin Anda rasakan setelah mengisi ban motor dengan nitrogen:

  • Nitrogen memiliki molekul yang lebih besar

Mengapa molekul yang lebih besar merupakan sebuah kelebihan? Alasannya, molekul yang lebih besar dapat lebih awet bertahan pada ban motor. Berbeda dengan angin biasa, setiap minggu pasti volumenya berkurang.

  • Nitrogen lebih dingin

Suhu nitrogen yang lebih dingin membuatnya tidak mudah memuai saat suhu naik di dalam ban motor. Jadi, saat suhu udara super panas di siang bolong, Anda tidak perlu khawatir ban meletus karena nitrogen tidak mudah memuai.

  • Tarikan motor jadi lebih enteng

Lantas apa pengaruh isi angin ban nitrogen terhadap performa motor Anda? Karena molekul nitrogen yang besar dan mudah mengisi ruang, bentuk ban motor Anda akan lebih maksimal. Dengan kata lain, nitrogen membuat pengisian angin ban jadi lebh sempurna – ban lebih padat tetapi tidak keras. Tarikan motor pun jadi lebih enteng.

  • Kendali motor akan lebih aman

Tidak berhenti sampai tarikan saja, nitrogen juga memengaruhi kendali motor Anda. Dengan ban motor yang lebih sempurna dan empuk, kendali motor jadi akan lebih terjaga meski melalui berbagai rintangan di jalan. Ban motor bernitrogen ini juga akan mengurangi goncangan sehingga gerak motor lebih stabil.

  • Anti air dan karat

Masih ada lagi kelebihan mengisi ban dengan nitrogen. Tidak seperti angin biasa yang masih mengandung air, nitrogen tidak mengandung air. Air dalam kandungan angin biasanya menyebabkan pemuaian massa. Selain itu, air juga dapat menyebabkan bagian dalam velg jadi berkarat.

Jadi bagaimana, tidak ragu lagi kan untuk menggunakan angin nitrogen untuk ban motor Anda? (Rima)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here