Mengenal Lebih Jauh Search Engine Marketing

search engine marketing

Seiring dengan berkembangnya zaman maka saat ini telah tersedia beragam kemudahan di dalam dunia teknologi yang dapat dengan mudah anda manfaatkan.

Seperti misalnya saja zaman dahulu untuk berkomunikasi dengan orang lain yang jauh dari anda, anda harus mengirim surat dan menunggu balasannya selama berminggu-minggu melalui layanan pos surat.

Atau bahkan anda harus membayar biaya nelpon per menit di warung telepon atau wartel hanya untuk sekedar bertukar kabar dengan saudara atau teman.

Maka dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat saat ini memberikan dampak kemudahan yang dapat dirasakan diseluruh aspek kehidupan manusia.

Bahkan salah satu hal yang sedang menjadi trend di kalangan masyarakat adalah dengan memanfaatkan teknologi untuk melakukan kegiatan berdagang secara online.

Sehingga masyarakat yang berdagang bisa dengan mudah mempromosikan barang dagangannya di beberapa platform besar atau website melalui jaringan Internet, sehingga bisa berjalan secara online dan mencakup lebih banyak pelanggan.

Salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk mengoptimalisasikan bisnis yang Anda jalankan adalah dengan menggunakan search engine marketing.

Platform sendiri vs Platform ‘numpang’

Sebelum membahas mengenai search engine marketing, maka ada baiknya terlebih dahulu kita bahas mengenai keuntungan menjalankan bisnis berbasis online serta langkah yang tepat untuk memulai bisnis secara online.

Sebab teknologi tersebut memang pada umumnya digunakan oleh orang yang memiliki bisnis entah menawarkan produk atau jasa secara online dan jarang sekali digunakan oleh orang-orang yang hanya memiliki website tanpa melakukan kegiatan perdagangan.

Dalam menjalankan bisnis berbasis online maka prinsip utama yang harus anda pegang adalah memiliki konsep bisnis yang jelas.

Sebab saat ini bisnis online sudah banyak digeluti terutama oleh kalangan anak muda, sehingga anda harus bisa mengedepankan inovasi di dalam berbisnis.

Selain itu langkah pertama untuk memulai bisnis online adalah produk atau jasa yang akan anda tawarkan memiliki kejelasan baik secara kualitas dan secara produknya.

Dimana seperti yang anda ketahui bahwa produk atau jasa yang berkualitas secara otomatis akan membuat pelanggan setia terhadap produk atau jasa yang anda tawarkan.

Setelah itu dalam menjalankan bisnis online anda harus bergabung ke dalam sebuah platform atau memiliki platform secara mandiri.

Memang tidak dapat dipungkiri jika saat ini banyak sekali platform khusus untuk perdagangan secara online yang dapat anda manfaatkan dengan gratis.

Dimana anda hanya tinggal mendaftarkan nama toko anda lalu mengupload jasa atau produk-produk yang akan anda jual.

Namun salah satu kelemahan bergabung ke dalam platform tersebut adalah dimana ada ribuan bahkan jutaan toko online lainnya yang mungkin sudah berkiprah lebih dahulu.

Sehingga secara otomatis barang dagangan atau jasa yang anda tawarkan akan dimunculkan pada daftar pencarian paling akhir karena anda baru tergabung sebagai member.

bisnis online

Cara lain yang dapat anda gunakan adalah dengan memiliki platform sendiri seperti membuat website sederhana.

Karena saat ini sudah terdapat banyak cara mudah yang dapat anda praktikan di dalam membuat website untuk keperluan perdagangan secara online.

Dengan memiliki platform secara mandiri maka anda bisa dengan bebas mendesain website anda semenarik mungkin sehingga semakin banyak pelanggan yang akan datang.

Selain itu untuk mendatangkan traffic pelanggan yang tinggi, anda mungkin sangat membutuhkan bantuan dari fitur search engine marketing.

Search Engine Marketing: Strategi Bisnis Online

Search engine marketing atau yang biasa dikenal dengan singkatan SEM merupakan salah satu fitur yang hampir digunakan oleh seluruh pemilik platform bisnis mandiri di dalam dunia perdagangan secara online.

Sebab fitur ini akan memberikan keuntungan yang sangat berlimpah bagi pemilik bisnis online baik secara materi seperti pendapatan yang masuk atau secara kepadatan pengunjung website.

Sebab fitur ini memungkinkan website bisnis online anda akan muncul pada daftar pencarian utama ketika seseorang mengetikkan keyword atau kata tertentu yang memiliki hubungan erat dengan bisnis, jasa, atau produk yang anda tawarkan.

Dengan begitu orang akan mudah menemukan website bisnis anda di bagian paling atas pada mesin pencari misalnya saja seperti google, opera mini, dan lain-lain.

Selain itu, teknik ini juga sangat diminati oleh para pebisnis online sebab anda juga dapat memanfaatkan fitur iklan yang disediakan agar orang-orang bisa langsung terhubung ke website yang anda miliki.

Iklan tersebut nantinya akan mengarahkan orang-orang yang melihatnya untuk bisa langsung landing pada halaman utama website anda, dimana liklan nantinya bisa berupa tulisan, banner, video, atau gambar.

Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk menggunakan fitur search engine marketing atau SEM pada website bisnis yang anda miliki adalah dengan melakukan pendaftaran ke jasa periklanan atau advertisement  secara online yang saat ini banyak tersedia.

Setelah itu nantinya anda akan diarahkan untuk membuat akun pribadi yang pada umumnya berisikan data-data diri anda, data bisnis online yang sedang anda jalankan, serta data akun rekening bank yang anda miliki.

Sebab di dalam menggunakan fitur SEM ini nantinya anda harus membayar biaya jasa periklanan yang anda manfaatkan. Dimana nantinya anda memiliki pilihan dua metode pembayaran penggunaan fitur periklanan ini.

Metode Pembayaran SEM

  • Metode pertama adalah PPC atau yang merupakan singkatan dari pay per click. Dimana jika anda memilih metode pembayaran tersebut, maka anda harus melakukan pembayaran yang diakumulasikan dari setiap klik-an pelanggan pada iklan yang nantinya langsung menuju pada halaman utama website bisnis anda.

 

  • Sedangkan metode pembayaran yang kedua disebut dengan PPI atau yang merupakan singkatan dari pay per impression. Dimana nantinya anda harus melakukan pembayaran atas setiap kunjungan pelanggan ke website bisnis anda yang diatur di dalam beberapa ketentuan seperti misalnya berapa lama satu pelanggan bertahan menjelajahi isi website bisnis anda.

Keuntungan menggunakan Search Engine Marketing

Selain beragam kemudahan diatas, anda bisa mendapatkan beragam keuntungan lainnya hanya dengan menggunakan fitur search engine marketing ini sebagai salah satu teknik pemasaran bisnis online anda.

Keuntungan paling utama yang bisa anda dapatkan adalah anda bisa dengan mudah dan cepat memperluas jangkauan pelanggan dimana hal tersebut akan berdampak pada jumlah pelanggan yang akan membeli produk atau menggunakan jasa yang anda tawarkan.

Maka secara otomatis traffic pelanggan yang padat juga akan meningkatkan pemasukan dan keuntungan bisnis yang anda jalankan.

Sehingga bisnis anda memiliki peluang untuk berkembang dan maju lebih cepat dibandingkan dengan bisnis lainnya yang tidak memanfaatkan fitur ini.

Meskipun salah satu hal yang sering dianggap sebagai kelemahan oleh sebagian besar pebisnis lainnya dimana fitur ini adalah fitur berbayar, namun sebenarnya justru dengan menggunakan fitur ini anda akan lebih efisien secara waktu dan biaya.

Memang ada fitur lain yang sama dengan SEM ini, namun anda harus melakukan berbagai hal lainnya seperti mencari kata kunci yang paling tepat agar website anda dapat terlihat yang pada akhirnya memakan waktu hingga berbulan-bulan.

Justru hal tersebut akan memperlambat perkembangan bisnis yang anda jalani. Dengan demikian artikel mengenai fitur SEM ini, semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda.

Jangan lupa sebarkan berita baik ini untuk teman, saudara, atau kolega Anda yang mungkin ingin mengembangkan bisnis mereka!

Salam Teknologi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *