merawat bayi

Perawatan bayi di musim hujan seperti sekarang ini memang susah-susah gampang. Cuaca yang tak mudah ditebak membuat Anda harus jeli dalam menyiasatinya.

Sebab tak hanya udara yang menjadi lebih dingin saja, virus dan bakteri penyakit pun banyak bertebaran di musim hujan ini. Jika lengah sedikit saja, buah hati Anda bisa menjadi sasarannya.

Namun demikian, sebenarnya merawat bayi di musim hujan tidaklah sesulit kelihatannya, kok. Ada banyak yang bisa dicoba, mulai dari:

Merawat bayi saat musim hujan

  1. Mandikan secara teratur. Musim hujan bukan berarti bayi harus melewatkan waktu mandinya. Agar kebersihan tubuh tetap terjaga, Anda sebagai orangtua juga harus tetap memandikannya secara teratur. Hanya saja, jangan lupa untuk memerhatikan beberapa catatan berikut ini, yaitu gunakan air hangat dan jangan biarkan bayi berada di air dalam waktu lama. Jika memang kondisi bayi sedang tidak memungkinkan untuk bayi, Anda juga bisa mengelapnya saja dengan kain bersih.
  2. Pakaian yang hangat. Udara yang cenderung dingin selama musim hujan membuat bayi harus tetap hangat dan nyaman. Oleh sebab itu, rajin-rajinlah membalurkan minyak telon di tubuh bayi dan pilih pakaian yang hangat untuk dipakai. Jika perlu, pakaikan sarung tangan dan sarung kaki, serta balut tubuh bayi dengan selimut.
  3. Temperatur kamar. Jika memungkinkan, selalu cek temperatur di dalam kamar tempat bayi tertidur. Jika udara sudah mulai drop dan temperatur di dalam kamar sudah mulai dingin, Anda bisa berjaga-jaga untuk melapisi kasur dengan kain, memakaikan baju yang lebih tebal, atau mungkin memindahkan bayi ke ruang yang lebih hangat.
  4. Rutin bersihkan dot. Meskipun mendapat ASI ekslusif, tak sedikit dari Anda yang juga menyimpan susu di dalam botol dot untuk berjaga-jaga. Nah, di musim hujan seperti sekarang ini, cuaca di dalam rumah sering lembap sehingga membuat jamur lebih mudah muncul. Jangan lupa untuk selalu membersihkan botol dot dan pastikan tidak ada jamur yang menempel, ya.

Itu dia beberapa tips sederhana untuk menjaga bayi di musim hujan seperti sekarang. Semoga membantu dan selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here