fbpx
Bagikan

Sepeda gunung mungkin menjadi sepeda paling populer seperti sepeda lipat di Indonesia dari dulu hingga kini. Maka tidak heran setiap brand sepeda kenamaan pasti memiliki seri sepeda gunung atau sering disebut MTB (mountain bike) ini. Harganya yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan roadbike serta pilihan yang sangat banyak (karena semua produsen memproduksinya) membuat sepeda mtb menjadi idola pesepeda pemula.

polygon xtrada 6

Saya adalah salah satunya, sepeda pertama yang saya beli adalah sepeda gunung yaitu Sepeda Polygon Xtrada 6. Setelah diberi tips untuk memilih sepeda untuk pertama kalinya, saya langsung memilih sepeda ini karena kebetulan penjualnya tidak jauh dari rumah dan harganya masuk dengan budget saya yang minim. Berikut review saya mengenai sepeda gunung polygon xtrada 6 ini.

Pengalaman Menggunakan Sepeda MTB Xtrada 6

Polygon Xtrada 6 bisa dibilang sepeda kelas menengah diantara sepeda gunung keluaran Polygon. Karena sepeda ini terbuat dari bahan Alloy (ALX) dan dilengkapi oleh groupset kelas menegah yang sangat baik untuk menghadapi medan terjal dan menanjak.

Saya menggunakan sepeda ini untuk kegiatan bersepeda di akhir pekan selama hampir 3 bulan full. Kebetulan saya menggunakan sepeda ini menuju tempat-tempat yang lumayan memiliki tanjakan terjal. Alhasil, tanjakan satu per satu dapat diatasi meskipun faktor utama pastinya adalah kebugaran dan power kita sendiri.

Keunggulan Polygon Xtrada 6

Mari kita mulai bahas yang bagus-bagus dulu dari sepeda gunung ini yang pada akhirnya membuat saya memutuskan untuk meminangnya untuk dijadikan teman jalan-jalan di akhir pekan.

Groupset Shimano Deore

Groupset yang disematkan di Polygon Xtrada6 bukanlah groupset sembarangan, melainkan groupset yang termasuk lumayan meskipun belum disarankan untuk profesional. Sepeda gunung ini bergroupset Shimano Deore kecuali pada bagian crank dengan speed 2 x 10, ada juga pilihan dengan speed 1 x 10, 2 x 11, 1 x 11 yang pastinya siap untuk melibas medan tidak rata dan menanjak. Perpindahan gigi yang sangat halus menjadi ciri khas groupset kelas menengah keatas sehingga minim sekali delay pada saat kita membutuhkan pergantian gigi dengan segera.

Fork Suspensi Suntour XCR 120mm

Pada bagian fork, Xtrada6 menggunakan Suntour XCR yang lagi-lagi merupakan fork menengah. Fork ini sangat empuk di medan yang bergelombang sehingga tangan tidak akan pegal meskipun melewati jalan rusak sekalipun. Fork ini juga dapat dikunci apabila kamu ingin meningkatkan kecepatan di medan yang lebih datar dan halus.

Frame Alloy ALX Hardtail

Frame sepeda gunung polygon xtrada 6 terbuat dari bahan Alloy XC trail yang diperuntukan untuk cross country atau segala jenis medan, namun tetap ringan. Xtrada 6 memiliki frame dengan 2 pilihan ukuran roda yaiitu 27,5″ dan 29″. Perbedaan sangat terasa ketika saya membandingkan untuk mengangkat Xtrada 6 dan Premier 5, jelas Xtrada 6 jauh lebih ringan meskipun sesama MTB.

Kekurangan Xtrada 6

Dibalik sederet kelebihan polygon xtrada 6, saya merasa tidak cocok dengan sepeda ini pada akhirnya. Sebenarnya kekurangan bukan pada sepedanya, namun pada gaya bersepeda saya yang menginginkan kecepatan lebih dengan power yang efisien. Lagipula, saya lebih sering bersepeda di jalan yang halus sampai saya akhirnya mengganti sepeda menjadi polygon path 3.

Untuk kamu yang akan bersepeda di aspal halus dan tidak banyak menanjak, sepeda ini akan kurang cocok. Karena sepeda ini memang sangat mtb sekali, artinya sepeda ini akan sangat sempurna apabila kamu lebih sering berada di jalan tanah bebatuan yang menanjak. Berikut hal yang membuat saya dan xtrada 6 pisah ranjang hehe

Ban Veetire 2,25

Karena Polygon Xtrada 6 adalah sepeda gunung, tidak heran sepeda ini diberi ban dengan tapak sangat lebar serta block yang besar. Hal ini membuat saya harus mengeluarkan tenaga lebih untuk menghasilkan speed yang sama dibandingkan sepeda polygon path 3 di jalan yang halus. Karena lebar dari ban ini 2,25″ atau lebih dari 5cm, maka gesekan ke jalan akan lebih banyak, hal ini lah yang menahan kecepatan kita sehingga harus mengeluarkan tenaga lebih. Namun sekali lagi, apabila di tanah bebatuan, ban ini akan sangat membantu kita.

Ban ini juga telah saya ganti ke Maxxis Pace berukuran 1,95″ dengan block yang lebih kecil. Ini lumayan membantu untuk mengatasi masalah efisiensi tenaga. Apabila ingin lebih ringan, kamu dapat menggantinya dengan ukuran minimal wheelset xtrada 6 yaitu 1,75″.

Stang Entity Expert 760mm

Sepeda gunung polygon xtrada 6 dilengkapi dengan stang entity expert dengan panjang 76cm berbahan alloy. Ini sangat panjang sehingga membuat pundak atau punggung kita tidak nyaman, apalagi apabila ukuran frame tidak sesuai dengan tinggi badanmu. Namun ini bisa diatasi dengan memotong stang atau bahkan menggantinya dengan yang lebih pendek.

Crank

Lho, gimana sih? Katanya groupsetnya mantaf? Ya, saya akui groupset Shimano Deore memang sangat nyaman di tanjakan terjal dan jalan rusak. Namun, groupset ini sangat sepeda gunung sekali sehingga dijalan perkotaan saya tidak bisa berpacu lebih cepat lagi mengingat saya lebih sering bersepeda di jalan yang halus dan datar.

Gear terbesar pada crank hanya berukuran 36T yang menyebabkan ketika kita telah berada di kecepatan sekitar 35Kpj, gowesan kita akan terasa loss seperti tidak dapat menambah kecepatan lagi karena rasio gearnya didesain untuk jalanan menanjak. Maka dari itu saya memilih Polygon Path 3 dengan speed 3 x 9 meskipun ditanjakan saya akan lebih membutuhkan power lebih ketimbang menggunakan Xtrada 6 yang sangat ringan di tanjakan.

Conclusion

Kesimpulannya, sepeda gunung polygon xtrada 6 sangat cocok untuk kamu yang memiliki gaya bersepeda cross country dan trail di pegunungan, para pecinta petualangan dan tidak memikirkan kecepatan. Frame yang sangat ringan serta groupset yang mumpuni akan sangat berguna di medan seperti itu. Namun, apabila kamu hanya bersepeda di jalan yang halus dan jarang menemui tanjakan, sebaiknya jangan memilih Xtrada 6. Karena harganya yang tidak bisa dibilang murah, sepeda ini juga memang dibuat khusus untuk pecinta mtb.

Namun, apabila kamu suka dengan sepeda ini, entah dari bentuk frame, warna, groupset atau sekadar alergi dengan jalan raya, saya sangat menyarankan untuk mengganti ban menjadi ban small block dengan ukuran lebih kecil. Selain itu, kamu dapat memotong stang agar lebih nyaman berkendara jauh dengan xtrada 6. Dengan melakukan 2 hal itu saya rasa akan membantu permasalahan yang saya alami.

Terimakasih banyak telah repot-repot datang ke tulisan ini dan membacanya sampai akhir. Semoga tulisan ini membantu kamu dalam memilih sepeda yang tepat, ya!

Mohon maaf apabila terdapat informasi yang menyakiti siapapun baik disengaja atau tidak. Tulisan ini tidak disponsori oleh siapapun. Kesalahan informasi mengenai fungsi daripada part sepeda adalah murni karena saya adalah newbie di dunia persepedaan dan hanya menyampaikan informasi secara subjektif sesuai apa yang saya alami.

Bagikan