raline shah

Double chin, kondisi ini kerap kali membuat kita menjadi tidak percaya diri. Banyak orang yang mencari cara agar double chin ini tidak terlihat, mulai dari mengambil foto dari angle yang pas agar lipatan tidak terlihat hingga melakukan perawatan menghilangkan double chin di klinik kecantikan untuk hasil yang maksimal.

Namun, apasih yang menjadi penyebab munculnya lipatan di dagu alias double chin ini? Sama dengan bagian tubuh lainnya, dagu yang berlipat menunjukkan bahwa adanya tumpukan lemak yang berlebihan.

Namun, ada beberapa penyebab lainnya yang dapat membuat kamu memiliki double chin. Berikut ini adalah ulasannya.

Penyebab Double Chin

  1. Usia

Tidak selalu karena lemak, double chin juga ternyata dapat diakibatkan oleh bertambahnya umur. Seiring bertambahnya umur, maka elastisitas kulit pun juga akan menurun.

Karena elastisitas kulit yang sudah tidak seperti umur muda, double chin pun dapat muncul sebagai akibatnya.

  1. Keturunan

Faktor genetik ternyata juga berpengaruh dalam hal ini. Pasalnya, genetik yang mengatur elastisitas kulit, riwayat obesitas dalam keluarga hingga bentuk dagu yang diturunkan pastinya dapat membuat kamu memiliki double chin.

  1. Terlalu sering mengonsumsi makanan junk food

Makanan cepat saji atau fast food merupakan makanan yang telah melewati berbagai proses pengolahan sehingga sudah kehilangan sebagian besar nutrisi yang terkandung di dalamnya dan hanya mengutamakan rasa yang enak saja.

Hal ini pastinya data menjadi penyebab utama dari menumpuknya lemak pada tubuh sehingga berpengaruh pada lemak yang ada di muka dan juga double chin.

  1. Mengonsumsi gula terlalu banyak

Penyebab double chin lainnya yang sering dilakukan adalah mengonsumsi makanan dan minuman yang manis dalam jumlah yang banyak dan di atas normal.

Gula ini sendiri dapat mengubah cara kerja hormon dan reaksi biokimia di dalam tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini dapat mempengaruhi kenaikan berat badan.

  1. Hormon leptin yang tidak bekerja

Hormon leptin yang berperan penting dalam mengurangi nafsu makan dan diproduksi oleh sel-sel lemak dan yang memberitahu otak seberapa massa lemak di dalam tubuh sehingga tubuh tidak akan makan secara berlebihan ini biasanya tidak bekerja dengan normal pada penderita obesitas.

Kondisi inilah yang dapat menjadi penyebab double chin akibat menimbunnya lemak di bagian dagu.

Demikianlah sederet penyebab dari double chin yang seringkali sangat mengganggu dan mengurangi kepercayaan diri. Semoga bermanfaat, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here