kucing peliharaan

Bila membicarakan aktivitas yang dapat membantu tumbuh kembang anak, mengajaknya ke arena hiburan keluarga mungkin merupakan salah satu solusi terbaik.

Selain dapat melatih kecerdasan motoriknya, di sana pula Si Kecil dapat belajar untuk bersosialisasi atau bahkan bertoleransi dengan teman-teman yang dia temui.

Aktivitas luar rumah seperti di atas bukanlah satu-satunya jalan untuk mendukung pertumbuhan Si Kecil.

Pasalnya, memelihara hewan piaraan di dalam rumah pun dapat menolong pembentukan karakter dan kebiasaan-kebiasaan anak.

Sejumlah penelitian telah dilakukan untuk mencari tahu kebaikan yang dapat diberikan oleh hewan piaraan untuk seorang anak. Apa sajakah itu? Simak artikel ini lebih lanjut, ya.

Alasan Mengapa Hewan Peliharan Baik untuk Anak

  • Mengurangi alergi pada anak

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh psikolog dari University of Warwick, Dr June McNicholas, membuktikan bahwa anak yang memiliki peliharaan di rumah memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak.

Pada saliva 138 anak berusia 4 sampai 11 tahun yang memelihara hewan di rumah, Dr June menemukan antibodi IgA dalam sistem imun mereka. Imun inilah yang membantu anak-anak melawan demam dan flu yang menyerang tubuh mereka.

Riset lain pula telah membuktikan bahwa fisik anak dengan hewan piaraan di dalam rumah lebih tangguh terhadap alergi dan penyakit asma.

  • Mengajarkan tanggung jawab

Tugas-tugas kecil untuk keberlangsungan hidup hewan peliharaan—seperti memberi makan, menjaga hewan, juga mengajak hewan berjalan-jalan—yang diberikan kepada anak secara tidak langsung membuatnya mengemban tanggung jawab. Dengan demikian, kesadaran anak tentang hal ini lama-lama akan menjadi sebuah kebiasaan.

  • Membantu anak belajar

Dilansir dari Petspyjamas, hewan seperti anjing kerap dimanfaatkan untuk membantu anak belajar. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa hewan dapat membantu kemampuan membaca anak.

Pasalnya, beberapa anak yang memiliki ketakutan untuk berlatih membaca dengan suara di depan teman-teman, guru, atau orang tuanya, justru lebih berani bila berhadapan dengan hewan piaraannya.

Alasan utamanya adalah karena hewan peliharaan tidak akan menertawakan atau mengomentarinya saat ia salah.

Bagaimana? Apakah Anda terpikir untuk memelihara hewan di rumah untuk membantu perkembangan Si Kecil? Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here