fbpx
Bagikan

Gandum adalah kelompok biji-bijian yang mengandung karbohidrat serat tinggi. Dilansir dari Wikipedia, bahan makanan ini biasanya digunakan untuk produksi tepung terigu, pakan ternak, ataupun difermentasi menjadi alkohol. Dengan kandungan serat tinggi yang dimilikinya, gandum bisa memberikan rasa kenyang yang cukup lama kepada orang yang mengonsumsinya.

Fakta di ataslah yang dijadikan alasan segelintir orang untuk mulai rutin mengonsumsi gandum sebagai pengganti nasi atau sumber karbohidrat lainnya. Apakah kamu juga demikian? Jika iya, berikut adalah beberapa fakta tentang gandum yang perlu kamu ketahui!

Gandum utuh bisa mengurangi massa lemak perut

Memiliki rasa kenyang yang bertahan lama seusai mengonsumsi makanan gandum tentu akan mengurangi intensitas kamu untuk mencari makanan atau camilan lain. Dengan begitu, berat badanmu bisa stagnan atau bahkan berkurang.

Mengutip laman Live Strong, ternyata gandum bisa memberikan dampak baik lebih dari itu. Ternyata, mengonsumsi gandum utuh (bukan yang sudah diolah seperti pada nasi putih) dapat mengurangi massa lemak perut.

Pernyataan di atas sudah berhasil dibuktikan dalam beberapa riset oleh sejumlah peneliti di Amerika Serikat. Di luar negara adikuasa itu pun, penelitian lain menunjukkan hasil yang serupa. Lebih jauh lagi, berat badan seseorang bisa turun seiring berjalannya waktu bila ia rutin mengonsumsi gandum.

Gandum utuh bisa mencuri kandungan mineral dalam tubuh

Di sisi lain, mengonsumsi gandum utuh juga kerap dinilai dapat mencuri kandungan mineral dalam tubuh. Hal ini tak lepas dari kandungan asam fitat yang dimilikinya. Asam fitat adalah komponen kecil dalam biji-bijian atau kacang-kacangan.

Dalam situs Alodokter disebutkan jika gandum utuh mengandung asam fitat yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan gandum olahan.

Penulis terlaris New York Times, Dr. Michael Greger, berpendapat jika anggapan tersebut benar adanya, akan tetapi, hanya pada orang dengan kombinasi diet yang nutrisinya kurang baik.

Riset terkini bahkan menunjukkan kalau asam fitat sebetulnya merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah penyakit.

Jadi, mengonsumsi gandum utuh tidak akan semerta-merta menghilangkan kandungan mineral yang dimiliki oleh tubuh, ya. Yang terpenting dari konsumsi gandum secara rutin adalah kombinasi nutrisi selain karbohidrat perlu kamu atur juga, ya.

Itu dia fakta-fakta tentang gandum yang perlu kamu ketahui. Gimana? Apakah kamu semakin yakin untuk beralih ke gandum utuh?

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya! (AP)

Bagikan