fbpx
Bagikan

Ada banyak macam keganjilan atau ketidaknormalan keadaan kelopak mata. Tiga yang paling sering dialami oleh orang dari berbagai kalangan usia adalah mata bengkak atau puffy eyes, mata panda atau dark circles, juga mata berkantung atau eye bags. Masing-masing ‘kelainan’ ini memang bisa disamarkan dengan eye cream lokal. Namun, untuk tahu eye cream mana yang paling tepat, cari tahu penyebab utama ketiga kondisi kelopak mata tersebut dulu, yuk!

3 Kondisi Kelopak Mata Yang Sering Dialami Orang

Mata bengkak

Mata bengkak umumnya bersifat sementara. Adapun penyebab kondisi ini adalah alergi musiman, terlalu banyak konsumsi garam atau alkohol, maupun kurang tidur. Ketiga pemicu ini akan menyebabkan retensi atau penyumbatan air di area mata, hingga muncullah pembengkakan di sekitar mata.

Obat mata bengkak yang paling ampuh adalah tidur dengan waktu yang cukup (7-8 jam sehari) serta banyak meminum air putih (agar cairan mengalir di pembuluh darah). Produk mata dengan kandungan kafein dapat mengurangi bengkak pada mata. Selain itu, produk-produk dengan tujuan mendinginkan atau cooling juga bisa meningkatkan aliran darah. Produk eye cream yang mengandung campuran peptide, antioksidan, dan asam hialuronat juga efektif untuk mengurangi bengkak pada mata (Dr. Engelman dalam situs Self.com).

Mata panda

Mata panda atau lingkaran hitam di sekitar mata disebabkan oleh faktor genetika dan warna kulit. Pada dasarnya, area bawah mata memiliki kulit yang sangat tipis. Sehingga, pembuluh darah di baliknya akan sangat mudah terlihat—memberikan bias warna ungu atau kebiruan. Kondisi ini akan lebih tampak pada orang-orang yang memiliki kulit dengan rona putih atau pucat.

Penyebab lain mata pada adalah kurang tidur (yang nantinya berakhir pada penumpukan cairan di pembuluh darah dekat mata) serta anatomi fitur wajah (yang memiliki lekukan nasojugal menonjol). Untuk mengobati mata panda, kamu perlu gunakan eye cream dengan kandungan retinoid topikal atau krim dan serum yang mengandung asam hialuronat, ceramide, dan peptide (Self.com).

Mata berkantung

Mata berkantung merupakan pembengkakan struktural yang disebabkan oleh kombinasi herniasi lemak dan kelemahan kulit. Kondisi ini biasanya mulai muncul pada seseorang di akhir 20-an atau awal 30-an. Dilansir dari Self.com, kedua penyebab utama mata berkantung bersifat genetik dan merupakan tanda penuaan yang normal.

Jadi, sebetulnya tidak ada obat atau perawatan kulit wajah yang betul-betul bisa menghilangkan mata berkantung. Menurut dermatologis, cara paling ampuh untuk mengobati kondisi ini adalah perawatan dengan frekuensi radio. Paling-paling, eye cream dengan kandungan yang bagus untuk membentuk kolagen dan elastin, bisa membantu menyamarkan mata berkantung.

Itu dia ulasan 3 kondisi keganjilan pada kelopak mata dan tipe eye cream yang efektif untuk mengobatinya. Semoga bermanfaat!

Bagikan