alat ukur gula darah

            Siapa bilang menurunkan gula darah di tubuh itu sulit. Buktinya, kadar gula darah tersebut bisa diturunkan hanya dengan mengonsumsi beberapa makanan berikut ini. Bisakah? Yap, bisa! Sebab semua makanan tersebut mengandung serat yang sangat tinggi dan rendah lemak sehingga ampuh menurunkan gula darah. Namun demikian, jangan sampai lupa untuk selalu monitor gula darah Anda supaya nanti tidak meningkat sekalipun sudah mengonsumsi makanan penurun gula darah.

Berikut merupakan beberapa makanan tersebut, check it out: (source: alodokter)

  1. Alpukat. Rutinlah selalu mengonsumsi buah alpukat karena buah ini dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di tubuh karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Melansir dari situs alodokter, kandungan ini dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin sekaligus mengendalikan gula darah. Karena itu, Anda sangat disarankan untuk mengonsumsi buah alpukat ini di rumah. Namun, jangan sampai mencampurkan buah ini dengan gula pasir maupun susu kental manis sebab bisa meningkatkan gula darah Anda.
  2. Benih kakao. Pernahkah Anda memakan atau melihat benih kakao? Hmm, kalau ditanya, pasti banyak yang menjawab tidak pernah, kan? Nah, tahukah Anda, ternyata benih dari kakao ini bisa dimanfaatkan untuk menurunkan gula darah. Ini karena benih kakao mengandung protein, flavanol, dan antioksidan yang sangat tinggi. Di samping itu, ketiga kandungan tersebut juga bagus untuk kesehatan tubuh. So, jangan lupa untuk dikonsumsi, ya!
  3. Telur. Meski terkenal mengandung kolesterol cukup tinggi, akan tetapi siapa sangka telur mampu menyeimbangkan glukosa darah dalam tubuh, loh. Mengonsumsi telur memberikan efek kenyang sehingga membuat Anda tidak perlu makan berlebih. Walaupun begitu, baiknya konsumsilah telur ini secukupnya karena bila berlebih bisa meningkatkan risiko penyakit jantung akibat dalam telur terkandung kolesterol.
  4. Sayuran hijau. Makanan lain yang bisa membantu turunkan berat badan adalah sayuran hijau seperti kubis, lobak, selada, dan bayam. Hal ini disebabkan sayuran-sayuran tersebut mengandung vitamin A, magnesium, dan serat. Menurut hasil lansiran, mengonsumsi satu piring sayuran hijau perhari bisa menurunkan gula darah hingga 14%. Keren, bukan? Jadi, tunggu apalagi, langsung deh konsumsi sayuran hijau di rumah.

Itulah deretan makanan yang dipercaya ampuh dalam menurunkan kadar gula darah di tubuh. Tidak hanya makanan di atas, gula darah pun bisa diturunkan dengan bantuan fenugreek. Fenugreek merupakan rempah andalan penderita diabetes yang dipercaya ampuh menurunkan sekaligus mengatur kadar glukosa di tubuh karena itu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Semoga bermanfaat, ya! –SH–

Share this to your friends