Penularan Virus Corona Covid-19 masih menjadi kekhawatiran di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan dan jaga jarak aman dengan orang lain agar tak tertular virus tersebut. Anda pun dianjurkan untuk periksa pencegahan Covid-19 di rumah melalui fitur layanan pemeriksaan Covid-19 tanpa dipungut biaya.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa hal ini, di antaranya adalah sebagai berikut: (source: liputan6.com)

Tips Mencegah Penularan Virus Corona

  1. Rajin mencuci tangan. Anjuran untuk rajin mencuci tangan memakai sabun memang patut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini karena 98 persen penyebaran penyakit berasal dari tangan. Dengan selalu mencuci tangan selama kurang lebih 20 detik menggunakan sabun dan air mengalir, tentu bisa membunuh berbagai bakteri, kuman, dan virus yang menempel di tangan, tak terkecuali Virus Corona Covid-19. Di samping itu, dengan menjaga kebersihan tangan, Anda juga terhindar dari penyakit yang bisa membahayakan tubuh. Untuk itulah, Anda sangat dianjurkan untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun dalam pencegahan Covid-19
  2. Jangan menyentuh wajah. Tanpa disadari, Anda mungkin kerap menyentuh area segitiga di wajah, yaitu mulut, hidung, dan mata. Iya, kan? Namun, cobalah untuk tidak menyentuh tiga area tersebut karena area ini sangat rentan terhadap serangan virus dan lebih memudahkan virus masuk ke dalam tubuh, terlebih jika tangan dalam keadaan kotor. Untuk itu, hindarilah menyentuh ke tiga area ini agar Anda bisa terhindar dari kuman penyakit maupun virus.
  3. Tidak berpelukan maupun berjabat tangan. Tidak berjabat tangan dan berpelukan merupakan langkah paling tepat untuk menghindari penularan virus Corona. Hal ini karena tangan maupun wajah bisa menjadi area penyebaran virus karena itulah untuk saat ini hindari berjabat tangan dan berpelukan agar Anda terhindar dari serangan virus tersebut.
  4. Ketahui etika saat batuk dan bersin. Tak jarang, ketika batuk dan bersin, sebagian orang seringkali tidak menutup area hidung dan mulut. Padahal, melakukan ini sangat tidak dianjurkan karena memungkinkan tersebarnya virus dan bakteri. Untuk itu, tutupilah mulut dan hidung saat batuk serta bersin menggunakan tisu atau gunakan siku bagian dalam, baik kiri maupun kanan. Setelah itu, jangan lupa mencuci tangan sampai bersih menggunakan sabun, ya.

Selain beberapa hal penting yang sudah dituliskan di atas, Anda juga disarankan untuk melakukan ini, di antaranya:

  • Jangan saling berbagi barang pribadi dengan orang lain.
  • Selalu membersihkan perabotan di rumah.
  • Hindari berkumpul di area yang ramai.
  • Cucilah bahan makanan sampai bersih.
  • Jaga jarak sosial dengan orang lain.

Semoga bermanfaat, ya! –SH–

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here