sakit di kantor

 

Banyak orang yang akan memutuskan untuk beristirahat di rumah ketika sedang sakit. Namun kenyataannya, tetap banyak orang yang tetap memaksakan diri untuk bekerja. Apalagi jika sudah membayar sewa untuk Co working space Jakarta Pusat, banyak yang memaksakan tetap datang karena merasa sayang dengan uang sewanya tersebut.

Sebenarnya, memutuskan bekerja ataupun tidak dalam kondisi sakit memanglah hak Anda. Namun, tahukah Anda bahwa kondisi ini ternyata bisa memberikan beberapa dampak buruk? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Pada saat sakit, tubuh memiliki sistem imun yang akan bekerja secara otomatis untuk melawan penyakit tersebut. Namun terkadang, sistem imun tersebut tidak bisa berfungsi maksimal saat Anda beraktivitas secara berlebihan, seperti saat bekerja. Akibatnya, penyakit yang seharusnya sembuh dalam waktu beberapa hari bisa membutuhkan waktu lebih lama. Tidak hanya itu, penyakit tersebut bahkan juga bisa semakin parah.
  • Jika penyakit yang Anda derita adalah penyakit menular, maka akan semakin berisiko menularkan penyakit tersebut pada orang di sekitar Anda. Sayangnya, ini sering diabaikan oleh masyarakat saat ini. Seperti ketika sedang menderita flu, mereka tetap memaksakan masuk kerja padahal virus flu sangat mudah menyebar dan membuat orang sekitar tertular.
  • Ketika Anda sakit, pastinya akan membuat tubuh Anda merasa tidak nyaman. Hal ini akan membuat konsentrasi Anda terganggu. Apalagi jika Anda harus mengonsumsi obat yang mengandung obat tidur sehingga membuat Anda mengantuk setelah mengonsumsinya. Kondisi terganggunya konsentrasi Anda pastinya akan meningkatkan risiko Anda melakukan kesalahan. Lalu bagaimana jika kesalahan yang Anda lakukan membuat perusahaan tempat Anda bekerja mengalami kerugian besar? Tentunya pemilik perusahaan Anda tidak akan mau menerima alasan bahwa penyakit Anda adalah penyebabnya.

Jika Anda memang sedang sakit, apalagi ketika sakit ini sudah beberapa hari dan tidak juga membaik, maka ada baiknya jika mengambil izin sakit dan periksakan diri Anda ke dokter. Bahkan, melakukannya sejak awal saat gejala sakit mulai terasa sangat disarankan, khususnya jika sakit sudah diseretai dengan demam. Namun demikian, jika Anda memang sering sakit akhir-akhir ini karena stres pekerjaan atau karena terlalu sering lembur, mungkin itu adalah satu tanda bahwa Anda harus resign. (Vita)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here