diabetes gestasional

 

Meskipun melakukan cek gula darah secara berkala sangatlah penting, kenyataannya masih banyak saja yang mengabaikannya. Terutamaa bagi orang yang merasa tidak mengalami gejala diabetes, tidak punya riwayat keluarga dengan penyakit diabetes, dan merasa bahwa kadar gula darahnya selalu berada di angka normal. Padahal, ada loh beberapa kondisi yang sebenarnya sangat mewajibkan Anda melakukan pengecekan tersebut secara rutin, yaitu ketika sedang hamil.

Yap, kehamilan memang dapat meningkatkan risiko calon ibu mengalami diabetes. Bukan diabetes tipe 1 ataupun 2, tetapi diabetes gestasional. Diabetes ini merupakan diabetes yang bersifat sementara selama masa kehamilan dan akan sembuh dengan sendirinya ketika bayi telah lahir.

Hingga saat ini belum ada kepastian mengenai penyebab beberapa ibu hamil mengalami diabetes ini. Namun diperkirakan, perubahan hormonal yang terjadi pada ibu hamil menyebabkan adanya masalah fungsi pada insulin. Akibatnya kadar gula darah akan terus meningkat sehingga menyebabkan ibu hamil mengalami diabetes gestasional.

Namun, meskipun hanya bersifat sementara dan wajar terjadi, bukan berarti masalah kesehatan ini tidak perlu diwaspadai. Sebab kondisi ini ternyata bisa sangat berbahaya bagi bayi dalam kandungan maupun ibu hamil. Beberapa di antaranya yaitu meningkatnya risiko masalah kesehatan berikut ini:

  • Preeklampsia

Ini merupakan kondisi yang ditandai dengan meningkatnya tekanan darah pada ibu hamil dan juga tingginya kadar protein di urin akibat kerusakan organ ginjal.

  • Obesitas

Tingginya kadar gula darah pada ibu hamil tidak hanya dapat meningkatkan risiko obesitas pada ibu saja, tetapi juga pada anak yang berada dalam kandungan.

  • Hipoglikemia

Jika ibu hamil dengan diabetes gestasional memiliki kadar gula darah tinggi, maka hal yang sebaliknya justru terjadi pada bayi dalam kandungan. Tingginya kadar insulin dapat menyebabkan bayi mengalami kekurangan kadar gula darah atau hipoglikemia.

  • Diabetes tipe 2

Selain menyebabkan bayi dalam kandungan mengalami obesitas, diabetes gestasional yang terjadi pada ibu hamil juga akan meningkatkan risiko anak terkena diabetes tipe 2.

Dampak yang terjadi akibat diabetes gestasional ini bukanlah hal yang sederhana. Bahkan, sekalipun bayi berhasil lahir dengan selamat, dampaknya bisa terjadi saat dewasa nanti. Itulah sebabnya, masalah kesehatan yang terjadi pada ibu hamil ini harus mendapat penanganan yang tepat. (Vita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here