Neuropathy

Selaku penyakit paling mematikan nomor 3 sedunia, diabetes tidak hanya membunuh pengidapnya karena level gula darah yang tidak normal. Akan tetapi, penyakit ini juga memicu pelbagai penyakit lain yang membuat penderitanya mengidap komplikasi.

Fakta ini mungkin bisa ditahan dengan cara rutin melakukan monitor gula darah, agar persentase munculnya penyakit lain bisa ditekan. Namun, tidak ada salahnya mengetahui apa saja penyakit komplikasi diabetes, kan? Simak kelanjutan artikel ini untuk mengetahuinya, ya.

Organisasi Kesehatan Dunia mengklasifikasikan penyakit komplikasi diabetes ke dalam dua kategori, yaitu microvascular dan macrovascular.

Microvascular merupakan komplikasi yang terjadi akibat rusaknya pembuluh darah kecil, sedangan macrovascular adalah komplikasi yang diakibatkan oleh rusaknya pembuluh darah yang lebih besar. Penjelasan mengenai microvascular akan dipaparkan pada poin-poin di bawah ini:

Komplikasi Microvascular Pada Penderita Diabetes

  • Retina mata

Kerusakan pada retina mata, atau yang dikenal dengan retinopathy, pada penderita diabetes diakibatkan oleh kadar gula darah yang tidak terkontrol.

Hal ini kemudian menimbulkan kerusakan pada pembuluh darah di jaringan belakang mata (retina). Tanda-tanda awal penyakit ini adalah keburaman, lemahnya penglihatan di area yang gelap, dan kesulitan memahami warna yang dilihat oleh mata.

Dampak terparah dari situasi ini adalah penderita diabetes dapat mengalami kebutaan.

  • Nephropathy

Atau gagal ginjal—adalah penyakit lanjutan yang bisa dimiliki oleh penderita diabetes karena kerusakan pembuluh darah kecil atau unit-unit kecil pada ginjal yang bertugas untuk membersihkan darah.

Bila ini terjadi, ginjal pun tidak dapat bekerja dengan baik. Jangka panjangnya, kondisi ini dapat menyebabkan kematian pada penderita diabetes.

  • Neuropathy

Neuropathy pada penderita diabetes adalah kondisi ketika saraf-saraf dalam tubuh terluka karena kadar gula darah yang terlalu tinggi. Saraf yang biasanya terganggu adalah saraf pada tungkai dan kaki.

Sehingga, gejala yang pertama-tama muncul adalah mati rasa di bagian kaki. Kelanjutannya, penderita diabetes akan mengalami masalah pada pencernaan, saluran kemih, sampai jantung. Pada penderita diabetes akut, kerusakan saraf ini dapat mengakibatkan kelumpuhan.

Demikianlah pemaparan tentang penyakit lanjutan yang dapat dimiliki oleh penderita diabetes. Komplikasi macrovascular dapat dibaca dalam artikel macrovascular ini. Semoga artikel ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here