fbpx
Bagikan

Karies gigi tentunya bukan menjadi sesuatu yang asing lagi bagi sebagian orang, terlebih bagi Anda yang rutin melakukan perawatan gigi di dental clinic Jakarta. Melansir dari KlikDokter, karies gigi merupakan sebuah kondisi penyakit gigi yang ditandai dengan munculnya bercak putih atau cokelat pada permukaan email gigi. Sepintas memang tidak terlihat berbahaya, namun risikonya akan meningkat jika tidak ditangani dengan baik karena dapat membuat gigi keropos, rapuh, atau bahkan mudah patah.

Namun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena sebetulnya, karies gigi ini bisa dicegah. Bagaimana cara mengatasinya? Simak dalam artikel berikut ini, ya!

Cara Mengatasi Karies Gigi

  1. Periksa ke dokter gigi secara rutin. Melakukan pemeriksaan gigi ke dokter secara rutin merupakan langkah awal untuk terbebas dari karies gigi. Dokter gigi biasanya akan melakukan pemeriksaan serta melihat kebiasaan Anda sehari-hari, sehingga bisa dengan mudah menentukan langkah selanjutnya untuk perawatan gigi Anda. Jika memang gigi-gigi Anda dinilai rentan terkena karies, biasanya dokter gigi akan memberikan opsi tindakan, seperti pemberian lapisan sealant, Perawatan gigi pada ibu hamil juga boleh dilakukan untuk masalah ini.
  2. Menggunakan fluoride. Langkah selanjutnya, yang bisa dicoba untuk mencegah atau mengatasi karies adalah dengan menggunakan fluoride. Namun demikian, patut dicatat bahwa pemberian fluoride hanya dapat dilakukan di dokter gigi, ya. Sebab fluoride ini diberikan dalam dosis yang hanya diketahui oleh dokter agar tidak menyebabkan fluorosis.
  3. Lakukan perbaikan saluran akar gigi. Jika Anda mengalami karies dan sudah menyebabkan kerusakan pada kanal akar gigi dan bagian pulpa, Anda bisa melakukan perbaikan saluran akar gigi di dokter gigi. Pada tahapan ini, bagian pulpa gigi akan dibersihkan dan dibuang, kemudian diganti dengan material buatan.
  4. Cabut gigi. Masih menyambung dari poin di atas, jika karies sudah merusak keseluruhan mahkota gigi, biasanya dokter akan menyarankan untuk mencabut gigi tersebut. Hal ini bertujuan untuk menghentikan penyebaran karies dan meyebabkan permasalahan lain akibat gigi berlubang.
  5. Kurangi asupan manis. Meskipun nikmat, jika dikonsumsi berlebihan makanan manis juga bisa berdampak pada kemunculan karies gigi. Oleh sebab itu, disarankan untuk mengurangi makanan manis dan mengimbanginya dengan makanan yang bergizi atau produk olahan susu, untuk menetralkan asam di mulut.

Ternyata, memberikan penanganan tepat pada karies gigi memang sangat dibutuhkan, bukan? Untuk itu, setelah mengenal tentang karies dan cara mengatasinya, diharapkan Anda bisa mengatasinya sedini mungkin. Lebih baik mencegah dibanding mengobati

Bagikan