barotrauma

Mungkin Anda pernah mengalami situasi ini: telinga Anda tiba-tiba sakit ketika sedang berada di dalam pesawat atau saat menyelam di bawah air. Tentu, bagi Anda para frequent flyer atau traveller, kondisi tersebut bukanlah sesuatu yang asing.

Namun demikian, apakah Anda tahu istilah untuk menjelaskan pengalaman tersebut? Sebab meskipun Anda sudah dilindungi dengan asuransi perjalanan, kondisi ini tidak serta merta bisa dijamin oleh pihak asuransi. Lantas, apakah kondisi sakit telinga saat berada di dalam pesawat atau di bawah air ini memiliki penjelasan secara medis? Simak dalam artikel berikut ini, ya.

Barotrauma merupakan sebuah kondisi yang ditandai dengan rasa tersumbat atau nyeri pada telinga. Biasanya, kondisi ini disebabkan karena perubahan tekanan udara yang terjadi secara tiba-tiba. Perubahan tekanan ini biasa terjadi ketika Anda berada di dalam pesawat, saat menyelam, ketika naik lift, atau saat berkendara di daerah pegunungan.

Normalnya, tuba Eustachius yang berada di telinga bertugas untuk mengatur agar tekanan udara di telinga bagian dalam agar sama dengan udara di bagian luar. Hanya saja, ketika terjadi perubahan tekanan udara yang sedemikian cepat, tuba Eustachius ini tidak bisa melakukan tugasnya secara maksimal sehingga membran timpani atau gendang telinga akan meregang.

Peregangan inilah yang kemudian akan membuat telinga terasa nyeri ketika berada di atas udara atau di bawah air. Gendang telinga juga tidak bisa bergetar sehingga pendengaran Anda terasa penuh dan tersumbat. Hal ini juga disebabkan karena tuba Eustachius penuh dengan tekanan udara yang tiba-tiba.

Gejala lain yang mungkin Anda rasakan saat mengalami barotrauma adalah kesulitan mendengar, pusing, dan juga telinga yang terasa penuh karena gendang telinga yang tersumbat.

Secara umum, sakit telinga barotrauma ini tidak berbahaya karena bisa terjadi pada siapa saja dan umum di masyarakat. Hanya saja, barotrauma bisa berbahaya karena berisiko menimbulkan komplikasi pada bayi dan juga anak-anak.

Pasalnya, telinga anak-anak dan bayi belum berkembang secara sempurna sehingga barotrauma yang dialami bisa berubah menjadi kronis jika tidak ditangani lebih lanjut. Baiknya, segera konsultasikan ke dokter jika anak Anda mengalami barotrauma untuk pemeriksaan mendetail.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here