ikan tongkol

Ikan tongkol atau Euthynnus Affinis merupakan salah satu jenis makanan laut yang mengandung nutrisi tinggi.

Mulai dari; protein, lemak, selenium, kalium, zat besi, kalsium, zinc, fosfor, natrium, Omega-3, hingga vitamin. Tingginya kandungan nutrisi yang terdapa pada ikan tongkol ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, berikut beberapa di antaranya: (source: alodokter)

Manfaat Ikan Tongkol Untuk Kesehatan

  1. Sistem imun tubuh menjadi lebih kuat. Salah satu manfaatnya adalah dapat membantu memperkuat sistem imun tubuh. Hal ini karena ikan tongkol mengandung vitamin B12, vitamin A, dan protein. Dengan rutin mengonsumsi ikan ini maka tubuh pun tidak akan mudah terserang penyakit maupun infeksi, untuk itu kamu sangat disarankan untuk mengonsumsinya.
  2. Jantung menjadi lebih sehat. Rutin mengonsumsi ikan tongkol dipercaya dapat menyehatkan jantung. Ini karena ikan tongkol mengandung omega-3 dan protein, yang mana kedua nutrisi ini berperan penting dalam mencegah meningkatnya kolesterol di dalam tubuh serta menstabilkan tekanan darah.
  3. Kesehatan tulang terjaga. Selain itu, ikan satu ini juga bermanfaat untuk memperkuat serta menjaga kesehatan tulang. Lantaran, mengandung vitamin D dan kalsium yang cukup tinggi. Di mana, kedua nutrisi ini sangat baik untuk menyehatkan tulang. So, mau tulang tetap sehat, jangan lupa konsumsi ikan tongkol!
  4. Berat badan pun menjadi stabil. Tak hanya itu, ikan tongkol pun dapat membantu menjaga berat badan tetap stabil. Sebab, ikan tongkol mengandung protein yang sangat tinggi. Kandungan satu ini dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan menunda rasa lapar. Untuk itu, buat kamu yang tidak ingin berat badan naik, konsumsilah ikan tongkol ini secara rutin.

Selain beberapa manfaat di atas, tentu saja ikan tongkol memiliki manfaat-manfaat lainnya, seperti:

  • Tekanan darah menjadi lebih stabil karena ikan tongkol mengandung omega-3. Kandungan ini dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.
  • Memperbaiki jaringan tubuh yang rusak sekaligus memelihara fungsi organ tubuh dengan baik.

Itulah dia beberapa manfaat yang diberikan oleh ikan tongkol. Meski ikan satu ini kaya akan kandungan nutrisi, namun sebaiknya jangan terlalu berlebihan mengonsumsinya karena efek merkurinya yang terlalu tinggi, yang mana bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Baiknya konsumsilah ikan ini maksimal 2 – 3 porsi seminggu agar tetap bisa merasakan manfaatnya. –SH–

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here