fbpx
Bagikan

Ada banyak orang yang mengonsumsi jus setiap hari ketika sedang menerapkan hidup sehat. Baik sebagai pengganti camilan di antara waktu makan besar atau sebagai pengganti sarapan. Namun sebenaarnya, di antara mengonsumsi jus dan buah segar, manakah yang lebih sehat?

Banyak orang merasa bahwa jus lebih sehat dibandingkan dengan mengonsumsi buah atau sayuran segar karena tubuh dapat menyerap lebih banyak nutrisi. Selain itu, tubuh juga dapat beristirahat karena tidak perlu bekerja keras mencerna serat seperti jika Anda mengonsumsi buah atau sayur segar. Namun, benarkah demikian?

Jus vs Buah Segar

Melansir dari situs mayoclinic, hingga saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa jus ekstrak lebih sehat dibandingkan dengan mengonsumsi buah segar. Memang air jus ekstrak tersebut mengandung sebagian besar vitamin, mineral, dan fitonutrien (dalam buah) dan kehilangan serat seperti yang dikatakan di atas. Namun jangan lupa, tubuh juga membutuhkan serat untuk membantu melancarkan pencernaan.

Apalagi ternyata serat memiliki fungsi yang cukup banyak bagi tubuh, di antaranya:

  • Mencegah sembelit
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Bantu memaksimalkan penyerapan nutrisi
  • Menjaga kadar gula tetap normal
  • Mencegah obesitas
  • Memberi efek kenyang

Ketika Anda mengekstrak buah dan sayuran maka Anda akan kehilangan kesempatan merasakan manfaat dari serat untuk tubuh Anda.

Lalu, bagaimana caranya mengonsumsi jus yang sehat? Berikut ini di antaranya:

  1. Gunakan blender untuk membuat jus sehingga jus yang Anda buat tetap mengandung fitonutrien serta serat yang dibutuhkan tubuh.
  2. Jangan menyaring jus yang dibuat dengan blender agar kandungan nutrisinya tetap terjaga (kecuali buah tertentu seperti jambu biji yang mengandung banyak biji sehingga harus disaring untuk memisahkannya).
  3. Buat jus tanpa tambahan gula maupun susu. Sebagai gantinya, Anda bisa mengombinasikan beberapa buah dan gunakan buah yang memiliki rasa manis sebagai peemanis alami jus Anda.
  4. Buat jus dalam porsi sekali minum. Hindari membuat jus dalam jumlah banyak untuk disimpan karena berpotensi menyebabkan munculnya bakteri yang dapat mengontaminasi jus.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat menikmati jus favorit Anda!

Bagikan